Ingin Terlihat Maskulin dengan kumis dan jenggot? Begini cara Menumbuhkannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menumbuhkan Kumis dan Jenggot
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kumis dan jenggot belakangan menjadi tren penampilan di kalangan pria. Karena dianggap lebih macho, tak sedikit yang sengaja merawat dan menumbuhkan rambut di wajah, hingga dengan menggunakan bantuan obat. Namun sebenarnya, apa yang menyebabkan lebatnya pertumbuhan kumis dan jenggot?

Banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan kumis dan jenggot pada pria. Secara umum, pertumbuhan kumis dan jenggot pada pria ditentukan oleh keturunan (genetik) dan hormon. Selain itu, kondisi kesehatan secara menyeluruh juga memengaruhi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut wajah pada pria. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa cara yang bisa membantu menumbuhkan kumis dan jenggot.

Rutin olahraga

Aktivitas fisik mampu meningkatkan aliran darah yang merangsang pertumbuhan rambut pada folikel. Olahraga apapun bisa Anda lakukan, terutama latihan kekuatan dan angkat beban.

Mengatur asupan makanan

Nutrisi makanan bisa memengaruhi kadar testosteron, seperti makanan tinggi protein tanpa lemak, makanan tinggi zat besi dan zinc, biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah-buahan dan sayuran.

Istirahat yang cukup

Tubuh akan melepaskan testosteron ketika Anda tertidur, jadi kurang tidur bisa mengganggu produksi hormon ini. Cobalah untuk memperbaiki jam tidur, misalnya dengan menghindari makan dan bermain ponsel sebelum tidur.

Menjaga kesehatan kulit wajah

Kebersihan dan kelembapan kulit wajah, terutama di sekitar atas bibir dan dagu perlu Anda perhatikan. Rutin mencuci wajah juga bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran di sekitar folikel rambut.

Konsultasi ke dokter

Kadar testosteron yang rendah perlu pemeriksaan dokter untuk mengetahui penyebab dan solusinya. Anda mungkin akan mendapatkan resep berupa suplemen untuk meningkatkan produksi testosteron, seperti zat besi.

Populer video

Berita lainnya