Memahami Krisis Identitas dan Cara Menghadapinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Krisis Identitas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apakah anda sering mempertanyakan tentang diri sendiri? Seperti apa tujuan dalam hidupmu. Jika iya, mungkin anda sedang mengalami krisis identitas. Ya, krisis identitas adalah kondisi ketika seseorang seringkali mempertanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan identitas dirinya, seperti kepercayaan, nilai hidup, tujuan hidup, pengalaman, dan perasaan.

Pada dasarnya, krisis identitas dapat dialami oleh semua orang. Tapi kondisi ini lebih sering terjadi pada remaja yang masih mencari jati diri. Umumnya, krisis identitas terjadi karena adanya perubahan atau tekanan besar dalam hidup yang dapat menyebabkan seseorang menjadi stres. Misalnya saat mendapat atau kehilangan pekerjaan, pensiun, baru menikah atau bercerai dan kehilangan orang yang dicintai.

Mungkin sebagian orang yang mengalami krisis identitas bisa melewati masa-masa itu dengan baik. Namun, ada juga orang yang tidak pernah menemukan jati dirinya dan hal ini bisa membuat mereka menjadi stres atau bahkan depresi. Jika anda sedang mengalami krisis identitas, coba beberapa tips berikut ini seperti dilansir dari laman alodokter.

Tentukan tujuan hidup

Coba pikirkan, hal apa dalam hidup yang paling ingin kamu capai? Apa yang membuatmu bahagia dan puas dalam hidup? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa berbeda-beda di setiap orang. Sebagian orang mungkin ingin mencapai kesuksesan dalam karir, menikah dengan orang yang dicintai, atau ingin membantu banyak orang.

Setelah menemukan tujuan hidupmu, selanjutnya anda dapat menyusun rencana agar bisa mencapai tujuan tersebut. Misalnya, bila ingin sukses dalam karir, anda bisa mengikuti kelas online atau lanjut kuliah untuk menambah keterampilan dan ilmu agar bisa segera naik pangkat di kantor.

Temukan passion hidup

Menemukan rencana atau passion hidup juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghadapi krisis identitas. Sebab, hal ini akan membantu melihat dan mengenal dirimu sendiri dengan lebih baik. Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk menemukan tujuan hidup.

Anda bisa mulai cara ini dengan mencoba berbagai hobi atau minat baru, seperti traveling, ikut serta menjadi relawan, atau sekadar mencoba memasak menu baru di rumah.

Habiskan waktu dengan orang terdekat

Menghabiskan waktu atau quality time bersama orang-orang terdekat, baik itu keluarga, pasangan, atau sahabat, juga bisa menjadi cara untuk melewati krisis identitas. Ini karena dukungan dan motivasi dari mereka akan membuat anda lebih kuat dan tegar menghadapi berbagai masalah dan perubahan dalam hidup. Dengan begitu, anda bisa lebih percaya diri dan nyaman dengan identitas sekarang ini.

Meditasi

Stres dan tekanan hidup sering kali membuat kita merasa kehilangan arah dan tujuan hidup. Untuk menjernihkan pikiran kembali, cobalah lakukan meditasi atau teknik mindfulness meditation. Cara ini bisa membantu anda merasa lebih mawas diri dan sensitif terhadap emosi yang mungkin selama ini terpendam.

Dengan meditasi, anda juga mungkin bisa lebih terbantu untuk mendapatkan inspirasi dalam hidup, sehingga krisis identitias yang sedang dialami bisa teralihkan.

Populer video

Berita lainnya