Cara Mengatasi Pasangan yang Moody Menurut Pakar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips hadapi pasangan moody
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada kalanya anda akan mendapati pasangan yang sedang moody, atau memiliki suasana yang sedang turun naik. Tentunya tak mudah menghadapi pasangan yang demikian, karena perilakunya yang sulit ditebak. Nah, melansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pasangan yang sedang moody menurut psikolog.

Identifikasi penyebabnya

Psikolog Gracia Ivonika, M.Psi., menjelaskan, dalam mengatasi pasangan yang moody anda perlu terlebih dahulu mencari tahu penyebabnya. Dengan begitu, anda bisa menenentukan bagaimana harus bersikap dengan pasangan.

Hadapi dengan tenang

Saat pasangan sedang dalam kondisi emosional yang tinggi, sebaiknya sikapi dengan kepala dingin. Jika menimpalinya dengan emosi, kemungkinan besar situasinya justru akan semakin buruk.

Pada dasarnya, anda tidak dapat mengendalikan suasana hati pasangan. Namun, anda dapat mengendalikan suasana hati diri sendiri, agar pasangan terpengaruhi. Maka dari itu, lebih bijaklah dalam menanggapi pasangan yang moody.

Jika tak ingin terpicu saat menghadapi pasangan yang sedang emosi, sebaiknya jaga jarak untuk sementara waktu. Luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan sesuatu yang anda sukai, seperti jalan-jalan, bermain alat musik dan lain sebagainya.

Cari tahu apa yang membuat pasangan merasa lebih baik

Menurut Gracia, salah satu cara mengatasi pasangan yang moody adalah dengan mencari tahu hal yang membuat kondisinya menjadi lebih baik.

Misalnya, anda tahu bahwa naik turunnya suasana hati pasangan disebabkan oleh rasa lapar. Maka, anda bisa membantunya dengan memberinya masakan atau makanan kesukaannya. Setelah itu, bantu pasangan untuk bisa dapat mengontrol mood mereka sendiri.

Berpikir positif

Seseorang yang moody mungkin sedang mengalami masa sulit dalam hidupnya. Namun percayalah, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Begitu juga dengan mood pasangan yang naik turun. Boleh jadi pasangan anda mungkin sedang kelelahan, sakit, khawatir, atau sedang tidak bahagia.

Setelah akar penyebabnya teratasi, kondisinya mungkin akan kembali baik seperti sedia kala. Nah, sebagai pasangan yang baik, anad hanya perlu mendengarkan keluhan dan memberinya dukungan yang positif.

Ajak pasangan untuk konseling

Jika mood pasangan mudah berganti-ganti tanpa alasan yang jelas, mungkin anda perlu mengajaknya untuk berkonsultasi kepada psikolog.

Populer video

Berita lainnya