Begini Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Masuk Angin
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mesi tidak terdapat dalam istilah medis, ungkapan masuk angin sudah lumrah di Indonesia yang merujuk pada kondisi tidak enak badan. Masuk angin adalah kondisi dimana seseorang merasakan gejala flu seperti demam, perut kembung, panas dalam hingga meriang. Biasanya hal ini terjadi saat seseorang terkena virus, terutama ketika sedang tidak fit.

Cara mengatasi masuk angin sebenarnya tergantung bagaimana Anda merasakan sinyal dari tubuh. Saat tubuh terasa tidak sehat, sebenarnya itu sinyal untuk meninggalkan rutinitas yang melelahkan dan beristirahat. Melansir laman sehatQ, ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masuk angin.

Konsumsi makanan bergizi

Saat tubuh tidak fit, hal yang dibutuhkan adalah makanan bergizi dan kaya nutrisi. Makanan yang sehat akan membantu sel darah putih dalam melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh. Pastikan asupan mineral dan vitamin tercukupi selama tubuh tidak dalam kondisi baik. Pilihlah makanan yang bersifat alkali seperti sayur dan buah-buahan.

Makan dengan warna beragam

Semakin berwarna makanan yang dikonsumsi, artinya semakin tinggi kandungan gizi dan fitonutriennya. Hal ini membantu tubuh kembali bugar dan mempercepat proses pemulihan. Terlebih saat sedang masuk angin, nafsu makan bisa saja menurun.

Banyak istirahat

Ketimbang memaksakan diri tetap bekerja, alangkah baiknya untuk rehat sejenak dari rutinitas ketika tubuh merasa masuk angin. Selain itu, pastikan juga waktu istirahat Anda berkualitas dengan membuat ruangan senyaman mungkin. Perlu diingat, memaksakan diri beraktivitas hanya akan membuat proses penyembuhan semakin lama.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Jika setiap harinya tubuh membutuhkan setidaknya cairan 8 gelas per hari, ketika masuk angin butuh asupan cairan yang lebih banyak lagi. Banyak minum air bisa meredakan gejala flu yang sedang dialami. Anda juga bisa mengonsumsi sup hangat, racikan air dengan lemon dan madu, atau teh hangat untuk membuat tubuh merasa lebih nyaman.

Menjaga kebersihan

Satu hal yang tak kalah penting sebagai cara mengatasi masuk angin adalah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Pastikan selalu mencuci tangan atau membuang tisu bekas ingus dengan tepat. Sebab, membiarkan tangan yang terpapar virus mengenai bagian tubuh lain hanya akan membantu virus semakin menyebar.

Minum obat

Tak ada salahnya pula memilih cara mengatasi masuk angin dengan minum obat. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui diagnosis pasti dan mengetahui obat apa yang tepat. Hal terpenting adalah memastikan dosis dan jenis obat sesuai dengan keluhan Anda.

Populer video

Berita lainnya