Bukan Cuma Alat Trasnportasi, Ini Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bersepeda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang mudah dilakukan. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Itu sebabnya sepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bersepeda tidak hanya sekadar alat transportasi, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin, anda dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari stres hingga serangan jantung. Olahraga ini juga tidak membebani otot atau persendian, sehingga aman dilakukan. Dilansir dari laman alodokter, berikut manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin bersepeda.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan kinerja sistem kardiovaskular yang baik, dapat mengurangi risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan otot dan sendi

Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan, dan bahu. Tak hanya itu, bersepeda juga baik untuk persendian dan telah terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis.

Menjaga berat badan

Bersepeda dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori.

Guna mendapat manfaat ini secara optimal, anda bisa mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan bergizi seimbang untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Menurunkan tingkat stres

Saat bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol di dalam tubuh. Tak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami.

Menurunkan risiko diabetes dan kanker

Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

Populer video

Berita lainnya