Perbaiki Wajah yang Rusak Akibat Jerawat, Coba Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Kurang Tidur bagi Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat memang menyebalkan. Selain meninggalkan bekas flek hitam, bekas lukanya membuat wajah anda tidak semulus sebelumnya. Lantas bagaiamana memperbaiki kulit wajah yang rusak akibat jerawat?

Noda hitam dan tekstur kulit wajah yang rusak karena jerawat memang cukup meresahkan. Sebab, kondisi ini membuat wajah tampak kusam dan tidak enak dipandang. Untuk memperbaikinya, anda bisa mencoba cara di bawah ini, seperti dilansir dari laman helloSEHAT.

Memakai gel penghilang bekas jerawat

Gel penghilang bekas jerawat (post-acne gel) bisa menjadi solusi dalam membantu menyamarkan noda bekas kondisi jerawat, sekaligus memperbaiki tekstur kulit wajah yang tidak rata.

Gunakanlah gel yang memiliki kandungan niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73). Kandungan-kandngan tersebut dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan membasmi bakteri penyebab jerawat.

Rajin merawat kulit

Sejumlah kebiasaan nyatanya bisa membantu menghaluskan sekaligus memperbaiki tekstur kulit wajah yang rusak akibat jerawat.

Perawatan kulit sederhana yang bisa anda lakukan yakni rutin mencuci muka. Usahakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur atau setelah beraktivitas seharian. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Jangan lupa menggunakan produk pelembap untuk kulit dan tabir surya. Pelembap efektif untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Sementara produk tabir surya membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Pilih produk skincare yang tepat

Memilih produk skincare yang tepat tak kalah penting untuk memperbaiki tekstur kulit wajah yang rusak. Mengingat banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, mungkin anda bingung memilihnya.

Terpenting, perhatikan baik-baik kandungannya. Pilihlah produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit anda dan masalah kulit yang dihadapi.

Untuk membantu meningkatkan regenerasi kulit dan memperbaiki tekstur kulit, anda bisa gunakan produk skincare yang mengandung retinoid (retinol), niacinamide, glycolic acid, adapalene, dan azelaic acid.

Konsultasi ke dokter

Jika jerawat terlanjur menimbulkan bekas bopeng atau lekuk luka dalam, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, bopeng bekas jerawat tidak bisa diatasi hanya dengan penggunaan produk skincare.

Ada sejumlah perawatan medis yang bisa dilakukan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit wajah yang tidak rata. Dokter spesialis kulit dapat merekomendasikan chemical peeling, mikrodermabrasi, microneedling, filler, dan laser.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan mana perawatan terbaik yang sesuai dengan keadaan kulit anda.

Populer video

Berita lainnya