Kamar Bebas Debu dan Kotoran? Ikuti Tips Berikut Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kamar Bebas Dbu dan Kotoran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kamar mungkin menjadi ruangan favorit anda di rumah. Bahkan anda bisa saja menghabiskan banyak waktu berada di kamar. Selain digunakan sebagai tempat beristirahat, kamar menjadi tempat andalan untuk bersantai, belajar atau mendengarkan musik. Itu sebabnya, kenyamanan dan kebersihan kamar menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Pasalnya, kamar yang kotor dan berdebu tak hanya mengganggu kesehatan, tetapi juga berpotensi menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Debu bisa datang dari mana pun, baik dari luar maupun dalam ruangan. Jika dibiarkan begitu saja, debu akan menumpuk dan memicu reaksi yang beragam pada setiap orang.

Menurut laman American College of Allergy, Asthma, and Immunology, berikut gejala-gejala yang timbul ketika tubuh alergi terhadap debu seperti bersin-bersin, hidung meler, mata merah dan berair, sesak napas, batuk-batuk, dan kulit gatal. Lantas bagaimana cara mencegah kamar agar tidak berdebu? Dilansir dari laman helloSEHAT, anda bisa mengikut langkah-lankah berikut ini.

Rajin membersihkan tempat tidur

Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah kebersihan tempat tidur, khususnya kasur. Alasannya, karena anda sangat sering menempatinya saat di kamar, baik untuk tidur maupun sekadar bersantai. Kasur yang berdebu tentunya akan berdampak buruk pada kualitas tidur Anda. Oleh karena itu, selalu prioritaskan kebersihan kasur.

Cara yang bisa anda lakukan agar kasur di kamar tidak mudah berdebu seperti;

  • Cuci seprai, sarung bantal, selimut, dan sarung guling minimal 1 minggu sekali dengan air bersuhu 54 derajat Celsius.
  • Jangan lupa bersihkan kasur atau spring bed Anda setidaknya 2 kali dalam setahun.
  • Bila perlu, gunakan sarung bantal, guling, serta seprai anti kutu kasur dan debu.
  • Bersihkan permukaan tempat tidur dengan sapu lidi atau vacuum cleaner 2 kali sehari.

Hindari menyimpan barang terlalu banyak di kamar

Hindari meletakkan terlalu banyak pajangan atau membiarkan barang-barang bekas di dalam kamar begitu saja. Semakin banyak benda di dalam kamar, semakin cepat pula kamar Anda kembali berdebu meski sudah dibersihkan secara rutin. Pastikan juga anda tidak menumpuk pakaian kotor dan membawa sepatu masuk ke dalam kamar. Hal ini yang berisiko membuat debu dari luar kamar menumpuk.

Gunakan kain lap basah untuk bersih-bersih

Saat sedang bersih-bersih kamar yang berdebu, gunakan lap basah agar debu tidak beterbangan ke mana-mana. Anda bisa memakai lap kering atau kemoceng terlebih dahulu untuk mengangkat debu-debu membandel. Setelah itu, gunakan lap basah untuk mengangkat sisa debu.

Hal yang sama juga berlaku saat membersihkan lantai kamar. Sapu debu dan kotoran lebih dahulu, kemudian bersihkan dengan kain pel basah.

Rutin bersihkan kipas angin atau AC

Jika anda memasang kipas angin atau AC di dalam kamar, pastikan untuk rajin membersihkan alat-alat penyejuk ruangan tersebut sebagai cara agar kamar tidak berdebu.

Membersihkan kipas angin penting untuk mencegah penumpukan debu di baling-baling kipas. Jika dibiarkan, debu di baling-baling kipas bisa menyebar di dalam kamar saat dinyalakan. Sama halnya dengan kipas, anda juga wajib membersihkan AC secara berkala. Bila kesulitan membersihkannya sendiri, Anda bisa memanggil jasa bersih-bersih AC terdekat.

Perhatikan kebersihan furnitur berbahan kain

Selain kasur, anda juga perlu memperhatikan perabotan berbahan kain seperti sofa, karpet, gorden, atau taplak meja. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, sofa, dan tirai jendela kamar minimal 2 kali seminggu.

Kurangi kebiasaan membawa hewan peliharaan ke kamar

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan, apalagi menghabiskan waktu bersamanya di dalam kamar. Akan tetapi, kebiasaan ini justru memicu timbulnya sarang debu di dalam kamar. Tanpa disadari, bulu-bulu hewan peliharaan anda mudah dihinggapi kotoran dari luar kamar.

Populer video

Berita lainnya