Ternyata Kentang Baik untuk Diet Lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kentang
Foto: Istimewa

Celebrithink,com – Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui manfaat kentang untuk diet. Padahal, mengonsumsi kentang tidak akan menyebabkan penambahan berat badan. Jika diolah dengan sehat, kentang justru bisa memberikan banyak nutrisi dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Penting untuk diingat bahwa kentang tidak mengandung lemak dan kolesterol serta rendah akan kandungan natrium atau garam alami. Hanya saja, kentang yang diolah menjadi makanan ringan atau kentang goreng biasanya ditambahkan banyak garam agar terasa lebih gurih dan nikmat. Jadi, jika anda ingin mengonsumsi kentang dengan lebih sehat, hindari untuk menambahkan terlalu banyak garam atau mayones.

Kentang yang diolah dengan cara yang sehat, seperti direbus, dipanggang, atau dikukus, bisa memberikan banyak manfaat untuk diet dan menurunkan berat badan. Dilansir dari laman alodokter, berikut beberapa alasan mengapa ada banyak manfaat kentang untuk diet.

Membatasi selera makan

Kentang, terutama yang dikonsumsi bersama kulitnya, merupakan salah satu sumber serat pangan yang baik. Kandungan serat pangan pada kentang merupakan faktor penting untuk menurunkan dan mengelola berat badan. Meski tinggi karbohidrat, jenis karbohidrat pada kentang adalah karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Asupan tersebut bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga lebih mudah mengontrol nafsu makan. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, anda juga tidak akan mudah tergoda untuk ngemil atau mengonsumsi makanan yang kurang sehat, sehingga diet pun bisa lebih optimal.

Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya bermanfaat untuk membatasi selera makan, kandungan serat pada kentang membantu memperlancar pencernaan. Dengan demikian, anda akan buang air besar lebih lancar dan teratur sehingga bisa tercegah dari sembelit. Selain itu, kentang juga memiliki efek prebiotik yang baik untuk menjaga jumlah bakteri baik (probiotik) di dalam saluran pencernaan.

Memecah nutrisi menjadi energi

Manfaat kentang untuk diet juga didapat dari kandungan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin ini berfungsi untuk memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino, sebagai bahan bakar atau sumber energi bagi tubuh. Dengan demikian, anda bisa tetap bertenaga dan fit ketika sedang diet.

Populer video

Berita lainnya