Ini Ciri-Ciri Krim Mengandung Merkuri Berbahaya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Krim Mengandung Merkuri Berbahaya
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Merkuri merupakan senyawa logam yang mudah dijumpai di alam dan batu-batuan, biji tambang, dan air sebagai senyawa anorganik dan organik. Bahkan senyawa ini kerap dijumpai produk pemutih kulit, karena dapat menghambat pembentukan melanin (zat warna kulit). Alhasil, kulit terlihat lebih cerah dalam waktu singkat.

Hanya saja sudah bukan rahasia lagi jika produk skincare (perawatan kulit) yang mengandung merkuri berbahaya bagi kesehatan. Tapi ironisnya, masih ada saja produsen yang ‘nakal’ mengedarkan produk berbahan merkuri. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini ciri-ciri krim yang mengandung merkuri.

Cek label

Salah satu cara untuk mengetahui ciri-ciri krim yang mengandung merkuri yaitu dengan memeriksa label produk kecantikan. Merkuri biasanya terdiri dari berbagai nama yang mungkin samar-samar terdengar sama, atau berbeda sama sekali. Bila anda menjumpai kata-kata di bawah ini pada komposisi produk, segera hentikan penggunaan produk.

  • Mercurous chloride
  • Calomel
  • Mercuric
  • Mercurio
  • Mercury

Selain itu, periksa pula peringatan pada produk yang memberitahu anda untuk menjauhkan krim dari perak, emas, karet, dan aluminium. Pasalnya, merkuri dapat merusak hal tersebut.

Dijumpai pada produk khusus

Selain dicantumkan pada label, ciri-ciri krim yang mengandung merkuri yakni mudah dijumpai pada produk khusus. Produk yang mengandung merkuri biasanya diedarkan sebagai krim pencerah kulit dan perawatan anti-penuaan. Beberapa produk yang diklaim dapat menghilangkan bintik tanda penuaan kulit, noda, dan kerutan dalam waktu singkat pun perlu Anda waspadai.

Pada beberapa kasus, produk yang mengandung merkuri terkadang dapat ditemukan pada perawatan jerawat, khususnya untuk remaja.

Tekstur dan warna keabu-abuan

Bila memungkinkan, cobalah lihat isi krim yang hendak dibeli. Hal ini dikarenakan produk yang mengandung merkuri biasanya berwarna abu-abu atau krem.

Meski begitu, tidak semua produk berwarna demikian mengandung senyawa kimia yang berbahaya ini. Karenanya anda perlu melihat lebih jelas lagi ciri-ciri krim dengan kandungan merkuri lainnya agar lebih pasti.

Menawarkan hasil yang singkat

Seperti diketahui, merkuri menjadi populer karena diklaim dapat memutihkan kulit dalam waktu singkat. Jika anda menggunakan suatu krim pemutih dalam waktu yang sebentar dan memberikan hasil yang cepat, sebaiknya perlu berhati-hati.

Memutihkan atau mencerahkan kulit membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sedangkan, merkuri menawarkan hasil yang singkat, tetapi dengan risiko yang tak sepadan.

Kulit menjadi lebih sensitif

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan krim pemutih, terutama ketika tidak tahu apakah mengandung merkuri atau tidak, yaitu reaksi kulit. Umumnya, kandungan krim yang aman tidak menimbulkan reaksi yang mengganggu.

Ciri-ciri krim yang mengandung merkuri lainnya yaitu membuat kulit menjadi lebih sensitif, terutama pada paparan sinar matahari. Hal ini mungkin dikarenakan bahan anorganik merkuri pada krim lebih mudah terserap kulit. Akibatnya, reaksinya langsung terlihat dan memicu masalah kulit seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal.

Populer video

Berita lainnya