4 Cara Agar Tubuh Bebas Kuman Usai Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Olahraga merupakan aktifitas fisik yang mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan berolahraga, anda dapat menjaga kebugaran hingga menurunkan berat badan. Tapi perlu diingat, olahraga juga bisa menjadi momen kuman menyerang yang pada akhirnya menimbulkan berbagai penyakit.

Pasalnya, olahraga membuat tubuh anda berkeringat hingga terasa lembap. Ditambah lagi anda juga melakukan kontak dengan benda yang mungkin tidak terjaga kebersihannya. Oleh karenanya, sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa sepeda statis berpotensi menjadi sarang bakteri 39 kali lebih tinggi dibandingkan baki plastik di food court.

Tentunya anda sulit menghindari hal-hal semacam itu, apalagi jika melakukan olahraga di pusat kebugaran. Dilansir dari laman klikdokter, ini beberapa hal yang harus anda lakukan agar tubuh terbebas dari kuman, selepas berolahraga.

Ganti pakaian olahraga yang sudah basah

Menggunakan baju olahraga yang sudah berkeringat secara terus-menerus akan membuat tubuh menjadi sarang kuman. Baju yang lembap dan menempel di kulit akan membuat anda rentan mengalami jerawat, infeksi jamur, dan masalah kesehatan lainnya.

Jadi, segeralah mandi setelah berolahraga. Jika tidak memungkinkan, setidaknya gantilah baju anda yang sudah basah dengan yang masih kering.

Hindari menyeka keringat dengan tangan

Menghabiskan waktu di pusat kebugaran membuat anda terpapar dengan kuman dalam jumlah yang banyak. Jadi, pastikan untuk tidak membersihkan atau menyeka keringat di wajah dengan tangan. Hal ini sangat penting dilakukan, apalagi jika tak ingin jerawat muncul di jawah.

Lebih baik bila anda menggunakan handuk untuk menyeka keringat. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah selesai berolahraga.

Bersihkan matras olahraga

Apakah anda termasuk penggemar olahraga yoga yang selalu membawa matras sendiri? Jika iya, sebaiknya bersihkan matras tersebut setiap kali selesai menggunakannya. Sebab, permukaan yang lembap dan hangat merupakan area favorit kuman untuk berkembang biak.

Jika anda membiarkan matras yoga dalam keadaan demikian setelah selesai digunakan, kuman akan tumbuh dan berkembang di sana. Akibatnya, risiko anda terkena penyakit akan meningkat . Risiko ini akan lebih tinggi lagi jika anda menggunakan matras milik pusat kebugaran yang dipakai bersama-sama dengan orang lain.

Segera mandi setelah berolahraga

Keringat yang keluar setelah berolahraga dan membasahi baju, rentan sebagai sarana berkembang biak. Agar kuman tersebut tidak menyebabkan bau badan berkelanjutan dan beragam penyakit yang merugikan, segeralah mandi menggunakan sabun anti-bakteri. The Journal of the American Medical Association menyebutkan bahwa penggunaan sabun antibakteri saat mandi dapat menurunkan dampak buruk dari kuman hingga 44 persen.

Populer video

Berita lainnya