Khasiat Daun Pandan untuk Kecantikan Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Khasiat Daun Pandan untuk Kencantikan Kulit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Daun pandan dikenal dengan aromanya yang khas, sebagai penambah cita rasa suatu makanan. Tidak hanya itu, ternyata daun pandan juga mengandung berbagai zat yang memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa manfaat daun pandan untuk kecantikan kulit anda:

Menghambat Penuaan Dini

Bagi anda yang ingin mencegah penuaan dini, salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan masker wajah berbahan daun pandan. Pasalnya daun pandan dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Berkat senyawa tersebut, daun berwarna hijau itu dapat membantu menangkal dampak buruk radikal bebas sehingga penuaan dini bisa dihindari.

Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kandungan antioksidan dalam daun pandan yang disebut flavonoid diduga bisa menurunkan risiko kanker kulit. Hal itupun diakui oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong. Hanya saja penelitian terkait manfaat daun pandan untuk menurunkan risiko kanker masih sangat terbatas.
Maka dari itu, khasiatnya juga masih belum bisa dipastikan.

Mencegah Sunburn

Daun pandan dapat secara efektif mencegah sunburn pada kulit. Manfaat daun pandan bagi kulit yang satu ini berhubungan dengan efek hidrasi yang dihasilkannya, sehingga dapat menjaga kulit tetap lembap.

Guna merasakan manfaat itu, anda bisa menggunakan produk body care yang mengandung ekstrak daun pandan secara rutin dan teratur.

Menjaga Kelembapan Kulit

Memiliki kandungan banyak air, daun pandan bisa menjaga hidrasi kulit. Khasiat ini bisa anda rasakan lebih optimal apabila dikombinasikan dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dan rutin menggunakan body lotion.

Pengobatan Jerawat

Berkat kandungan antioksidan dan beberapa senyawa lainnya, daun pandan juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan membuat masker daun pandan untuk kulit. Anda juga bisa mencampurkan daun pandan dengan bahan lain, seperti lemon, madu, tomat, dan lainnya.

Mengecilkan Pori-pori

Daun pandan dicampur kuning telur yang dijadikan masker ternyata dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Dengan khasiat yang satu ini, risiko anda mengalami jerawat dan komedo pun dapat diminimalkan.

Mengurangi Garis Hitam di Bawah Mata

Daun pandan mengandung banyak vitamin dan kaya antioksidan. Sehingga daun ini dapat digunakan untuk mengurangi garis hitam yang ada di bawah mata. Jika tak ingin repot, anda bisa merasakan khasiat tersebut dengan mengaplikasikan serum atau eye cream berbahan daun pandan. Gunakan secara rutin dan sesuai aturan, agar manfaatnya bisa dirasakan lebih optimal.

Meski masih butuh studi lebih lanjut, anda tetap harus waspada akan kemungkinan munculnya efek samping daun pandan untuk kulit. Pada beberapa kasus, daun pandan bisa memicu munculnya efek samping berupa alergi atau iritasi setelah diaplikasikan sebagai masker wajah.

Populer video

Berita lainnya