Ini Bahayanya Akibat Sering Mengucek Mata

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengucek Mata
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Disadari atau tidak, setiap orang pasti pernah mengucek mata dalam sehari. Entah itu karena terlalu lama menatap laya komputer, ketika mata gatal, atau bahkan kelilipan.

Mengucek mata juga merupakan reaksi tubuh untuk melumasi saat mata kering. Debu-debu atau partikel yang menempel pada area mata dapat berkurang karena tersapu air mata setelah Anda mengucek mata.

Namun di sisi lain, mengucek mata juga dapat meningkatkan risiko beragam gangguan kesehatan. Melanisr laman klikdokter, berikut ini beberapa bahaya mengucek mata yang harus diwaspadai:

Penyakit Mata yang Serius

Bahaya mengucek mata berikutnya adalah dapat memicu pelemahan kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus. Jika kerusakan kornea yang terjadi cukup parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi kornea agar kondisi mata bisa kembali seperti semula.

Kornea Tergores

Bulu mata atau debu yang menempel di mata bikin Anda tergoda untuk mengucek mata. Bukannya baik, hal ini justru bisa menyebabkan tergoresnya kornea mata Anda, bahkan menyebabkan luka pada kornea.

Daripada mengucek, lebih baik gunakan air bersih atau tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk membilas mata agar bersih seperti sedia kala.

Infeksi Mata

Efek mengucek mata juga bisa menyebabkan infeksi mata. Meski terlihat bersih dan sudah dicuci, kuman tak akan hilang sepenuhnya dari tangan Anda.

Menyentuh mata dengan tangan dapat mentransfer kuman-kuman jahat. Hal paling ringan yang bisa terjadi sebagai akibatnya adalah konjungtivitis atau mata merah.

Kelopak Mata Menjadi Kendur

Kelopak mata dapat kehilangan elastisitasnya jika Anda sering mengucek mata. Meski tidak menyebabkan keluhan signifikan, bentuk kelopak mata yang kendur tentu bisa mengganggu penampilan.

Mata Merah

Mengucek mata yang dilakukan cukup keras dan berkelanjutan bisa menyebabkan pembuluh darah di mata mengalami kerusakan hingga akhirnya pecah. Kondisi ini disebut dengan subconjunctival hemorrhage. Hal ini bisa menyebabkan darah di sekitar mata mengalir ke jaringan di sekitarnya. Akibatnya, mata merah dan lebam tak bisa dihindari lagi.

Memperburuk Glaukoma

Jika Anda memiliki glaukoma atau peningkatkan tekanan bola mata, hindari terlalu sering mengucek mata. Mengucek mata ternyata dapat meningkatkan tekanan bola mata, sehingga memperburuk kondisi glaukoma.

Kulit Sekitar Mata Jadi Keriput

Kebiasaan mengucek mata juga dapat membuat kulit keriput. Pasalnya, mengucek mata dapat meregangkan kulit yang sensitif pada area ini serta merusak kolagen dan elastin. Akibatnya, keriput yang mengganggu pun muncul.

Populer video

Berita lainnya