Cara Alami Meluruskan Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Alami Meluruskan Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda pernah mendengar treatment smoothing, rebonding atau catok, yang dapat membantu anda yang ingin memiliki rambut lurus. Sayangnya, alat dan bahan kimia yang digunakan dapat merusak rambut.

Pasalnya, rambut akan terpapar panas dan senyawa kimia yang bisa membahayakan kesehatan rambut dan membuatnya kering. Masalah seperti rambut bercabang, rontok, hingga ketombe bisa terjadi bila alat pelurus rambut salah digunakan.

Namun tak perlu khawatir, anda masih bisa memiliki rambut lurus dengan alternatif lain. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut.

Memakai kondisioner setelah keramas

Cara sederhana untuk meluruskan rambut secara alami dengan menggunakan kondisioner. Ya, kondisioner mengandung minyak, humektan (zat pelembap), serta alkohol khusus untuk menjaga kelembutan dan kelenturan rambut.

Tak hanya itu, beberapa kondisioner juga mengandung protein khusus yang dapat menyatukan ujung rambut yang patah, sehingga membuat rambut tampak lebih tebal. Para ahli menyarankan untuk rutin memakai kondisioner setiap setelah keramas.

Mengombinasikan minyak esensial dan produk perawatan rambut

Cara ini mungkin belum terbukti secara ilmiah tetapi kandungan zat aktif di dalam minyak esensial tentu bermanfaat bagi rambut. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak, seperti serai, lavender, atau argan, pada produk sampo dan kondisioner rambut saat keramas.

Tentunya proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun, cara ini lebih aman dari bahaya kerusakan rambut dibandingkan alat penata rambut.

Menggunakan masker rambut

Cara alami meluruskan rambut yang satu ini membantu memperkuat rambut agar tidak mudah rontok dan patah. Bahkan, masker rambut juga membantu menutrisi rambut dan mengunci kelembapan, vitamin, dan antioksidan pada rambut.

Anda bisa membuat masker di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti masker dari telur dan minyak zaitun yang diklaim ampuh meluruskan rambut. Sebab kedua bahan tersebut dapat mengembalikan protein rambut agar lebih mudah diatur.

Populer video

Berita lainnya