Pentingnya Menjaga Imun Tubuh saat Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jaga Imun tubuh saat lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Hari dimana umat Muslim merayakan kemenangan, setelah sebulan penuh berpuasa dan menahan hawa nafsu. Pada hari lebaran, biasanya semua anggota keluarga berkumpul untuk bersilaturahmi. Namun mengingat lebaran tahun ini masih dalam suasana pandemi, ada banyak batasan dalam merayakannya.

Ya, salah satunya mudik yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, kini kembali dilarang. Tujuannya tak bukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. Dilansir dari laman halodoc, berikut ini tips menjaga imun tubuh saat lebaran.

Persiapkan semua hal dengan matang

Meski hanya melakukan perjalanan singkat di dalam kota untuk menemui sanak saudara, anda harus tetap harus mempersiapkan semua kebutuhan dengan baik. Pertama mempersiapkan kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan, serta kebutuhan tambahan untuk menjalankan protokol kesehatan. Jika kamu menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya pilih kendaraan yang dirasa nyaman dan aman.

Persiapkan masker, hand sanitizer, tisu kering, tisu basah, dan camilan sehat untuk dibawa saat perjalanan. Pastikan juga untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum hari raya lebaran.

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Aneka makanan istimewa biasanya tersaji di momen lebaran. Meski anda sudah tak lagi berpuasa dan bebas menyantap sesukanya, alangkah baiknya untuk memilih makanan yang sehat. Sebab makanan bisa mememengaruhi imun tubuh anda.

Hindari makanan berminyak, bersantan, tinggi kalori, tinggi kolesterol, dan sebagainya. Jika kamu tetap ingin mengonsumsinya, pastikan dalam porsi yang wajar. Lalu seimbangkan dengan makanan sehat seperti sayur dan buah.

Jangan lupa istirahat

Di momen lebaran pastinya ada banyak sanak saudara yang ingin anda kunjungi. Sementara ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa cepat lelah. Jadi ,saat anda merasa lelah, sebaiknya segera beristirahat yang cukup agar imun tetap terjaga.

Sediakan obat-obatan dan suplemen

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan obat-obatan selama lebaran. Pastikan tidak lupa untuk membawa obat-obatan ringan saat bepergian, seperti obat flu, obat sakit kepala, dan obat untuk mencegah masuk angin. Selain itu, kamu juga perlu membawa suplemen yang untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat imun tubuh.

Populer video

Berita lainnya