Mandi Pagi Punya Segudang Manfaat Lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Mandi Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak hanya penting untuk menjaga kebersihan diri, mandi di pagi hari juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Setidaknya, anda akan menjadi lebih segar dan bersemangat untuk menyongsong aktivitas yang akan dijalani. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat mandi pagi bagi kesehatan.

Meningkatkan produktivitas

Mandi pagi hari terutama dengan air dingin, memberikan manfaat produktivitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan siraman air dingin mampu membuat tubuh kita cepat ‘bangun’, seperti memompa aliran darah ke seluruh tubuh, meningkatkan detak jantung dan meningkatkan ritme pernapasan. Selain itu, siraman air dingin juga meningkatkan metabolisme gar suhu tubuh tetap stabil.

Mengurangi rasa sakit

Menyiram air dingin ke kepala saat mandi pagi ternyata memberi manfaat meredakan sakit pada tubuh. Menurut sebuah studi dari North American Journal of Medical Sciences, air dingin mampu memberikan efek yang serupa dengan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit. Selain itu, paparan air dingin juga membantu mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan yang jadi pemicu rasa sakit.

Menurunkan risiko stres dan depresi

Mandi di pagi hari ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan mental anda. Selain meningkatkan suasan hati, mandi dengan air dingin di pagi hari juga mengurangi gejala-gejala depresi.

Ya, mandi dengan air dingin membantu melepaskan hormon norepinefrin, yang membantu meningkatkan suasana hati pada pengidap depresi. Bahkan air dingin juga meningkatkan produksi beta-endorfin pada tubuh, sehingga Anda akan merasa jauh lebih baik.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain yang anda peroleh dengan mandi air dingin di pagi hari adalah memilih tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit. Sebuah studi dari jurnal PLoS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari. Hasilnya, terjadi penurunan sebesar 29% pada angka orang-orang yang sakit. Penurunan tersebut semakin besar, yaitu sekitar 54%, apabila dibarengi dengan olahraga rutin. Namun belum diketahui secara pasti apa hubungan air dingin dengan sistem imun tubuh.

Meningkatkan sirkulasi darah

Anda bisa mencoba mandi air hangat di pagi hari untuk memperlancar aliran darah. Hangatnya air yang mengalir selama mandi tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, tapi juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi.

Meringankan gejala hidung tersumbat

Jika hidung tersumbat akibat pilek, flu, atau gangguan pernapasan lainnya, anda bisa mencoba mandi dengan air hangat di pagi hari. Sebab, dengan mandi air hangat, uap dari air akan membantu mengencerkan dahak dan lendir sehingga anda bisa menyingkirkannya dengan mudah. Mandi air panas juga dikenal dapat meringankan nyeri tubuh yang diakibatkan flu atau demam.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Mandi air hangat di pagi hari memberi manfaat untuk kesehatan jantung anda. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Heart. Studi tersebut meneliti kebiasaan mandi 30.000 partisipan selama 20 tahun. Beberapa aspek yang ditanyakan adalah seberapa sering mereka mandi, serta bagaimana temperatur air yang digunakan.

Hasilnya, orang yang mandi air hangat setiap hari memiliki risiko 28% lebih rendah terkena penyakit jantung dibanding orang yang lebih jarang mandi.

Populer video

Berita lainnya