Kuat Puasa Seharian, Perhatikan Menu Sahur Anda!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meskipun bangun sahur terkadang merasa merepotkan, aktivitas ini cukup penting saat berpuasa di bulan Ramadhan. Pasalnya, sahur akan memberikan anda asupan energi saat menjalankan ibadah puasa. Jika tidak santap sahur, tubuh anda akan menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, dan efek lainnya.

Agar kuat dalam menjalankan puasa, nutrisi yang terkandung dalam menu sahur tentunya harus diperhatikan. Lantas apa saja makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur? Dilansir dari laman Klikdokter, ini makanan yang dianjurkan.

Konsumsi karbohidrat kompleks

Menu sahur sehat harus terdiri dari karbohidrat kompleks. Sebab butuh waktu lama bagi perut mencerna karbohidrat kompleks, sehingga tubuh mendapatkan energi untuk waktu yang lama. Anda juga tidak mudah merasa lapar. Contohnya nasi merah, roti gandum, dan oat.

Lain halnya dengan mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar, atau gula pasir. Karena semua ini mudah dicerna, kadar gula darah akan cepat naik dan anda akan mudah merasa lapar. Makanan-makanan seperti ini sebaiknya juga dihindari para pederita diabetes.

Makan sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah juga dianjurkan saat sahur. Mengingat mengandung serat, dengan mengonsumsinya akan dapat mempertahankan rasa kenyang dan mencegah terjadinya konstipasi.

Selain itu, sayur dan buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebagai catatan, sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk utuh, bukan dalam bentuk jus. Karena bila diminum dalam bentuk jus akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Jangan lupakan protein

Konsumsi protein yang baik seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta produk susu rendah lemak. Protein berguna untuk mempertahankan rasa kenyang yang lama. Selain itu, protein juga berguna untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, serta meningkatkan imun tubuh.

Penuhi kebutuhan cairan Tubuh

Air merupakan komponen penting yang tidak boleh terlewatkan saat sahur. Air diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya, sehingga anda menjadi lebih berenergi atau tidak mudah lemas saat berpuasa. Jadi minumlah air yang cukup saat sahur, guna mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Populer video

Berita lainnya