Sambut Bulan Ramadhan, Coba Lakukan Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ramadhan sudah di depan mata. Bulan yang sangat didambakan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Betapa tidak, Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan. Ganjaran pahala dari setiap amalan pun dilipatgandakan.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mempersiapkan diri agar lebih bersemangat lagi menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan menjalan bulan suci Ramadhan.

Latihan puasa

Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan terasa sulit. Agar kamu tidak kaget, cobalah melakukan puasa sehari atau dua hari, misalnya puasa Senin dan Kamis. Jika hal tersebut rutin kamu lakukan, pasti kalian tidak akan kerepotan menjalani bulan Ramdhan.

Membayar hutang puasa

Bagi umat Muslim, puasa Ramadahan adalah suatu kewajiban. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang diperbolehkan tidak berpuasa dan harus menggantinya di bulan lain. Seperti wanita yang sedang datang bulan, mereka yang sakit atau dalam perjalanan jauh. Jika kamu masih memiliki hutang puasa tahun lalu, sebaiknya selesaikan sebelum Ramadhan tiba.

Buat daftar aktivitas selama Ramadhan

Puasa bukan berarti kamu harus berbaring seharian hingga waktu berbuka tiba. Coba deh buat list aktivitas positif yang akan kamu lakukan selama Ramadhan. Misalnya mulai awal Ramadhan nanti, kamu ingin memulai membaca beberapa lembar Alquran, dengan harapan selama sebulan kamu bisa mengkhatamkannya. Selain itu, dengan membuat list aktivitas, kamu akan lebih disiplin dalam menggunakan waktu.

Sisihkan uang untuk Berinfak

Ramadhan menjadi ladang pahala. Selain menjalankan salat atau berpuasa, banyak hal positif yang bisa dilakukan. Contohnya bersedekah. Apalagi ganjaran pahala yang dijanjikan dilipatgandakan. Tidak harus dalam jumlah yang banyak, terpenting kamu ikhlas karena Allah.

Menjaga pola hidup sehat

Tentunya kita ingin melalui Ramadhan dengan lebih banyak menjalani ibadah dengan khusuk. Nah jika kamu sakit, tentunya akan menghambat kegiatan ibadah yang ingin kamu lakukan. Untuk itu, kamu perlu menjaga pola hidup sehat menjelang Ramadhan. Bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur serta rutin berolahraga.

Populer video

Berita lainnya