Ketombe dan Minyak Berlebih Bikin Jengkel, Atasi dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Munculnya ketombe hingga rambut berminyak bisa sangat mengganggu. Bukan hanya membuat kulit kepala terasa gatal, rasa percaya diri pun bisa mendadak anjlok ketika mendapati serpihan putih ketombe, bertebaran di baju hitam anda.

Ya, munculnya ketombe bisa dialami siapa saja. Sebab, kulit kepala memperbarui kondisinya setiap empat minggu. Sementara produksi minyak yang berlebihan di kepala bisa disebabkan oleh stres atau perubahan hormonal.

Bagi kalian yang menghadapi masalah ini tak perlu khawatir. Dilansir dari laman Schwarzkopf, berikut ini beberapa cara untuk men menghilangkan ketombe dan minyak berlebih di kulit kepala.

Keramas dengan sampo khusus

Sampo penjernih yang dibuat untuk rambut berminyak membantu mengembalikan keseimbangan kulit kepala, menghilangkan minyak berlebih, menenangkan kulit kepala, serta mengurangi rasa gatal. Penggunaan sampo dilakukan dua sampai tiga kali seminggu.

Jika anda termasuk yang mencuci rambut setiap hari, ganti antara sampo antiminyak dan sampo yang sangat lembut. Ini akan mencegah kulit kepala mengering dan menjadi iritasi. Mereka yang mencoba mencegah ketombe dan rambut berminyak dapat menggunakan sampo seminggu sekali.

Keramas dengan cara yang benar

Sisir rambut sebelum keramas. Ini akan melepaskan serpihan ketombe dari kulit kepala dan menguraikan rambut. Cuci rambut dengan air hangat, lalu berikan waktu sejenak sampo antiketombe untuk bekerja di rambut sebelum dibilas. Untuk perawatan ekstra bisa menggunakan masker atau kondisioner rambut. Tapi gunakan ini hanya di ujung rambut, bukan akarnya.

Keringkan rambut berminyak dengan cara yang benar

Panas yang dihasilkan dari pengering rambut dapat membuat iritasi kulit kepala. Jika tidak dapat menghindari penggunaan pengering rambut, keringkan dengan pengaturan dingin atau rendah.

Gunakan produk penataan rambut secukupnya

Guna menghindari rambut makin berminyak, gunakan produk penata rambut seperti hair wax secukupnya karena dapat memberatkan rambut. Hanya gunakan di ujung rambut, bukan pada akarnya. Selain itu, penggunaan hairspray secara berlebihan juga bisa membuat rambut berminyak dan kulit kepala gatal.

Bantuan untuk rambut berminyak

Tak perlu khawatir jika rambut sudah terlihat kusam pada sore hari. Anda bisa menggunakan sampo kering (dry shampoo). Meski tidak bisa menggantikan rutinitas keramas yang benar, sampo kering dapat kembali menyegarkan rambut dengan menyerap minyak berlebih. Semprotkan sampo kering ke area berminyak dari jarak sekitar 8 inci. Biarkan sebentar, lalu rapikan sisir.

Populer video

Berita lainnya