6 Kesalahan Dalam Pemakaian Deodoran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengoleskan deodoran ke ketiak sudah menjadi rutinitas yang dijalani hampir setiap orang. Mereka melakukannya untuk menghilangkan bau badan yang membuat kurang percaya diri ketika bertemu dengan rekan atau kolega.

Namun ternyata sejumlah orang melakukan kesalahan dalam menggunakan deodoran, yang justru bisa mengurangi keampuhan deodoran dalam menghilangkan bau badan. Seperti dilansir dari laman The Healthy, berikut beberapa kesalahan umum terkait pemakaian deodoran.

Memakai deodoran setelah menyukur bulu ketiak

Berdasarkan penjelasan Alisha Plotner, seorang dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Ohio, butuh kehati-hatian memakai deodoran setelah bercukur. Terutama ketika menggunakan produk deodoran dengan kandungan alkohol yang tinggi, karena dapat menyebabkan iritasi.

Memakai deodoran di pagi hari

Menurut dokter kulit, Joel Schlessinger, deodoran lebih baik digunakan pada malam hari setelah mandi. Sebab, tugas deodoran lebih efektif ketika saluran keringat kurang aktif dengan kelembapan yang minim.

“Karena deodoran harus selalu digunakan pada kulit yang bersih dan kering, sebaiknya mandi di malam hari, tepuk-tepuk kulit hingga kering dengan handuk, lalu gunakan deodoran,” jelas Joel Schlessinger.

Lupa memakai pelembab

Sebelum mengoleskan deodoran, disarankan untuk memakai pelembab terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mencegah iritasi pada ketiak. Untuk alternatif pelembab alami, dianjurkan minyak kelapa, karena dapat menghilangkan kulit kering dan melembabkan.

Tidak gunakan deodoran setiap hari

Menurut dokter kulit Alicia Barba, beberapa produk deodoran dapat bertahan hingga 48 jam. Itu berarti tidak perlu memakai deodoran setiap hari. Namun semua kembali lagi bergantung pada jenis deodoran yang anda pakai.

Tidak mempertimbangkan formula alami

Pernahkah anda berpikir menggunakan deodoran alami? Mereka bisa menjadi alternatif yang baik karena beberapa alasan. Deodoran alami merupakan pilihantepat untuk orang dengan keringat ringan, atau mereka yang ingin menyamarkan bau tidak terlalu menyengat.

Memakai deodoran lagi

Memakai kembali deodoran di atas produk lama sering terjadi. Menurut dokter kulit Alisha Plotner, ini tidak akan efektif jika menempel pada bau deodoran sebelumnya. Anda justru perlu mengoleskan deodoran pada ketiak yang bersih dan kering untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Populer video

Berita lainnya