Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 5 Makanan yang Dapat Kurangi Nafsu Makan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengurangi porsi makan mungkin menjadi tantangan terberat bagi mereka yang mencoba mengurangi berat badan. Kebanyakan orang menyerah karena rasa lapar yang cukup mengganggu. Ditambah lagi godaan ngemil yang sulit untuk dihindari. Cara yang tepat untuk mencegahnya adalah dengan menambahkan beberapa makanan untuk menekan nafsu makan ke dalam menu anda.

Ada beberapa suplemen dan produk yang tersedia di pasaran yang dapat menekan nafsu makan. Tetapi cara kerjanya berbeda, yang mungkin tidak cocok untuk tubuh anda. Alternatif lainnya dengan memasukkan makanan alami ke dalam makanan ada. Dilansir dari laman Times of India, berikut 5 makanak yang aman dan bisa anda tambahkan ke dalam menu makanan untuk menekan rasa lapar.

Kacang almond

Segenggam kacang almond bisa menjadi camilan yang baik untuk meredakan rasa lapar di sore hari. Almond sarat dengan nutrisi seperti vitamin E, magnesium, antioksidan dan sumber serat, yang membantu menekan rasa lapar. Makan kacang almond saat merasa lapar bisa meningkatkan perasaan kenyang. Jangan makan kacang almond lebih dari segenggam dalam sehari.

Cokelat hitam

Siapa bilang cokelat tidak sehat? Tukar cokelat susu anda dengan cokelat hitam untuk memuaskan rasa manis tanpa mengonsumsi kalori berlebih. Cokelat hitam yang mengandung 70 persen cocoa bisa menekan nafsu makan. Bahkan asam stearat yang dikandungnyam membantu memperlambat erja pencernaan sehingga membuat anda merasa kenyang lebih lama. Hindari makan lebih dari dua potong cokelat hitam sekaligus.

Kayu manis

Kayu manis juga merupakan penekan nafsu makan yang sangat baik. Bumbu yang biasanya digunakan dalam memanggang ini, membantu menekan nafsu makan dengan menstabilkan kadar gula darah dan menunda pengosongan lambung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 mengungkapkan, mengonsumsi 6 gram bubuk kayu manis dalam makanan dapat memperlambat proses pengosongan perut dan membuat anda tetap kenyang. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ke oatmeal atau campur ke dalam minuman teh.

Fenugreek

Biji fenugreek kuning kecil memiliki rasa yang kuat dan termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Mereka sering digunakan dalam masakan India untuk menambah cita rasa pada hidangan. Biji kuning mengandung 45 persen serat, yang sebagian besar tidak larut. Ketika serat memasuki sistem pencernaan, itu memperlambat proses penyerapan karbohidrat dan lemak, yang membuat anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Anda bisa merendam satu sendok teh biji fenugreek dalam segelas air hangat selama semalaman, dan meminumnya di pagi hari.

Jahe

Jahe sudah dipercaya sejak ribuan tahun lalu untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Akar-akaran ini memiliki khasiat untuk pencernaan yang luar biasa. Senyawa yang ada di dalam jahe dapat merangsang sistem pencernaan, meredakan mual dan juga menekan nafsu makan. Menurut sebuah studi kecil di tahun 2012, pria yang mengonsumsi jahe saat sarapan tidak merasakan lapar setidaknya selama 3 jam setelah makan. Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makana atau minuman untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

Populer video

Berita lainnya