Tips Membuat CV Anda Lebih Menarik dari Pelamar yang Lain

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Demi mendapatkan peluang kerja di perusahaan yang diimpikan, tak jarang waktu dan energi rela dikorbankan. Nyatanya ketika kesempatan itu datang, beberapa orang justru menyambutnya dengan persiapan yang tidak maksimal. Salah satunya mengirimkan CV yang kurang menarik.

Tak dipungkiri, saat ini kita hidup di zaman persaingan yang ketat. Mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang juga melamar pekerjaan di perusahaan yang sama. Kita juga harus menyadari, perekrut tak memiliki banyak waktu untuk memeriksa satu persatu resume yang masuk. Sehingga CV yang menonjol dan menarik, akan memiliki peluang berlanjut ke tahap wawancara.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips agar cv anda terlihat bagus dan menarik dari yang lain, seperti dilansir dari laman Times of India.

Jaga agar tetap sederhana

Aturan pertama saat menulis dan mendesain resume adalah membuatnya tetap sederhana. Memang setiap kita ingin mengisi resume dengan pencapaian dan pengalaman besar yang perah dijalani. Tetapi tidak semua orang tertarik untuk mengetahui apa saja kegiatan anda. Jadi, tetap fokus menjaga resume anda terlihat sederhana. Jangan terlalu banyak menggunakan warna untuk membuatnya terlihat ‘cantik’. Ingat! anda sedang melamar pekerjaan, bukan mengikuti sebuah kontes kecantikan. Gunakan font yang mudah dibaca, dan hindari menggunakan grafik yang tidak perlu untuk menguraikan poin Anda. Singkatnya, gak usah lebay!

Kesalahan tata bahasa adalah pantangan besar

Anda bisa lolos dengan apa pun, kecuali kesalahan tata bahasa dalam resume. Selain membuat anda terlihat tidak bertanggung jawab dan ceroboh, kesalahan tata bahasa dapat menghentikan perekrut untuk membaca resume anda lebih jauh. Ketika perekrut melihat adanya kesalahan tata bahasa, tidak ada prestasi yang dapat mengubah pendapatnya tentang diri anda. Cara terbaik untuk menghindari kesalahan tata bahasa dalam resume adalah dengan mengeditnya berkali-kali. Jika perlu, anda bisa mencari bantuan editor profesional.

Mulailah dengan informasi terkini dan relevan

Saat Anda menulis resume, sangat penting untuk menyertakan kronologi. Misalnya mulai dengan pekerjaan anda saat ini. Ketika anda menguraikan pengalaman, kemudian lanjutkan dengan pekerjaan yang anda lakukan sebelumnya. Selain itu, sangat penting untuk memfilter informasi yang tidak relevan. Misalnya jika anda melamar posisi editor di majalah, menyebutkan peran anda sebagai asisten editor di majalah perguruan tinggi akan lebih relevan, ketimbang menulis tentang bagaimana anda memimpin tim bola basket untuk memenangkan beberapa pertandingan.

Bercerita

Mendongeng adalah seni dan cerita yang bagus dan memiliki kekuatan untuk memikat perhatian pembaca. Jadi, cari peluang di resume anda untuk menceritakan sebuah kisah yang akan diingat perekrut.

Dukung poin anda dengan fakta dan angka

Di zaman yang sangat kompetitif ini, tidak cukup dengan hanya menyatakan prestasi anda saja. Anda harus mendukung apapun yang ditulis dengan fakta dan angka. Misalnya, hanya menulis bahwa Anda memenangkan penghargaan Ketua untuk kinerja terbaik di kantor terakhir Anda tidaklah cukup. Sebutkan mengapa anda menang dan lakukan itu dengan angka.

Populer video

Berita lainnya