Berikut Adalah Teori Konspirasi yang Dipercayai Murid Kelas 6

pic by: canva.com

Guru yang dipanggil Ms Alexanderr, mengatakan bahwa ia kagum dengan ide-ide muridnya dan ingin menyusun daftar lima teori paling aneh yang menurutnya paling aneh. Meskipun guru tersebut mengatakan bahwa ia tidak terkejut dengan satu teori konspirasi bahwa burung itu tidak nyata, ia terkejut dan tidak dapat memahami teori-teori lainnya. Di antaranya adalah teori bahwa Bill Nye sang ilmuwan adalah mata-mata Rusia sementara teori lainnya mengklaim bahwa Michael Jackson masih hidup.

Konspirasi bintang pop tersebut sangat membingungkan, karena murid-muridnya lahir setelah ia meninggal pada tahun 2009. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara munculnya media sosial dan meningkatnya kepercayaan generasi muda terhadap teori konspirasi dan misinformasi. Tahun lalu, para peneliti dari University of Louisville di Kentucky menerbitkan sebuah studi yang mengungkap 60 persen remaja berusia 13 hingga 17 tahun setuju dengan sedikitnya empat teori konspirasi dibandingkan dengan 49 persen orang dewasa.

Orang-orang yang lebih muda kini lebih suka mengandalkan media sosial untuk mengakses berita, memberi mereka kesempatan lebih besar untuk menyerap misinformasi dan ini terlihat dalam video-video seperti yang diunggah oleh Ms Alexanderr.

Ioana Literat, seorang profesor madya komunikasi di Teachers College, Columbia University mengatakan kepada The Guardian: ‘Kita baru mulai melihat awal mula persinggungan AI dan berita palsu, dan teori konspirasi di media sosial akan memainkan peran yang sangat besar dalam hal itu. ‘Dengan munculnya AI, dan betapa mudahnya membuat media yang dimanipulasi menggunakan AI generatif, saya benar-benar khawatir statistiknya akan meningkat.’

  • Bill Nye adalah mata-mata Rusia

Di antara salah satu teori konspirasi teratas yang diyakini siswa kelas enam adalah bahwa Bill Nye si ilmuwan adalah mata-mata Rusia. Nye adalah ilmuwan ternama, yang dikenal sebagai pembawa acara televisi PBS yang ditayangkan dari tahun 1993 hingga 1998 dan mendidik anak-anak tentang sains. Ketika Ibu Alexanderr meminta murid-muridnya untuk menjelaskan mengapa mereka percaya Nye adalah mata-mata Rusia, ia berkata mereka tidak dapat memberikan alasan.

Namun, cerita seputar ‘identitas rahasia’ Nye telah muncul di situs-situs seperti Urban Dictionary dan Story.com, yang merinci kehidupannya sebelum, selama, dan setelah operasi penyamaran. Dalam satu cerita, berjudul ‘The Double Life Of Bill Nye,’ ia bekerja sama dengan seorang agen Rusia Natasha untuk mencuri terobosan ilmiah rahasia dari pemerintah AS.

Cerita tersebut menggambarkan upayanya untuk ‘menyusup ke laboratorium dengan keamanan tinggi’ dan berhasil ‘mengambil informasi rahasia.’ Setelah misi tersebut, ia memutuskan untuk melupakan pekerjaannya sebagai mata-mata dan membawa kehidupan ganda rahasianya ke liang lahat. ‘Jadi, lain kali Anda menonton acara sains Bill Nye, ingatlah pria di balik dasi kupu-kupu itu. Seorang ilmuwan, seorang pendidik, dan pernah menjadi mata-mata Rusia,’ cerita tersebut menyimpulkan.

  • Burung tidak nyata

Mungkin yang paling tidak mengejutkan bagi Ibu Alexanderr adalah klaim siswa bahwa burung tidak nyata dan sebenarnya adalah pesawat nirawak FBI. “Saya pernah mendengar yang ini sebelumnya, jadi masuk akal bagi saya,” katanya. Teori konspirasi ini telah populer selama bertahun-tahun dan bahkan muncul di papan reklame besar di Pittsburgh, Memphis, dan Los Angeles.

Teori tersebut mengklaim bahwa apa yang tampak seperti burung adalah replika pesawat nirawak yang dibuat oleh pemerintah AS untuk memata-matai warga Amerika. Demonstrasi telah diselenggarakan oleh ratusan ribu anak muda di seluruh negeri dan video yang diunggah tentangnya di TikTok, Instagram, dan YouTube telah menjadi viral.

  • Michael Jackson masih hidup

Michael Jackson meninggal karena serangan jantung pada tahun 2009, tetapi itu tidak menghentikan siswa kelas enam untuk percaya bahwa Raja Pop itu masih hidup. “Sebagai referensi, siswa-siswa ini lahir setelah tahun 2009, jadi itu menarik,” kata Alexanderr dalam video tersebut. Ini mungkin berasal dari video yang diunggah pada tanggal 9 Oktober, yang mengklaim bahwa video itu dapat membuktikan Jackson masih hidup dan sehat.

Dalam satu video TikTok, orang tersebut merujuk pada pemakaman Jackson di mana keluarganya tampak tenang dan mengadakan upacara peti mati tertutup, membuat orang-orang percaya bahwa ia memalsukan kematiannya sendiri. Video tersebut juga mengklaim bahwa sebuah terowongan tersembunyi ditemukan di bawah rumah P Diddy selama penangkapannya yang menurut mereka mengarah ke sebuah bangunan tua yang hanya diketahui oleh Jackson.

  • Mr Beast menipu orang untuk mendapatkan pelanggan

Teori berikutnya adalah tentang influencer YouTube, Mr Beast, menipu orang untuk mendapatkan pelanggan. Guru tersebut bingung saat ia membagikan teori ini dan para siswa tampaknya tidak menjelaskan lebih lanjut mengapa hal ini terjadi. James Stephen ‘Jimmy’ Donaldson, 26, menciptakan platform YouTube Mr Beast pada tahun 2012, saat ia baru berusia 13 tahun.

Ia mengunggah video aksi dan tantangan atau menawarkan hadiah besar, hadiah uang tunai. Itu bukanlah saluran YouTube dengan pelanggan terbanyak yang pernah ada. Kemungkinan yang paling mungkin di balik teori ini adalah bahwa YouTuber tersebut telah menawarkan pelanggan kesempatan untuk tampil di acaranya dengan mengikuti undian dan kompetisi yang mengharuskan orang untuk berlangganan salurannya untuk ikut serta.

  • Hari Thanksgiving

Ibu Alexanderr mengakui bahwa murid-muridnya mungkin menemukan sesuatu dengan teori konspirasi berikutnya ini. Murid tersebut mengatakan bahwa Hari Thanksgiving ‘hanya dibuat agar Amerika dapat memiliki hari libur setiap bulan.’ ‘Ketika diminta untuk menjelaskan lebih lanjut, mereka mengatakan bahwa cerita antara para peziarah dan penduduk asli Amerika itu dibuat-buat.’

Teori ini berpusat pada bukti sejarah yang menunjukkan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki hubungan yang bermusuhan dan tidak ada bukti bahwa para peziarah mengundang penduduk asli Amerika untuk makan. Ada kepercayaan bahwa narasi tersebut bias berdasarkan sudut pandang penjajah untuk mengabaikan dampak dari penyebaran Cacar yang fatal dan perampasan tanah suku Wampanoag.

Populer video

Berita lainnya