Nico Afinta Resmi Jadi Sekjen Kemenkumham

Pict by Instagram

Inspektur Jenderal Nico Afinta akan dilantik sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, membenarkan hal ini. Pelantikan Nico dijadwalkan pada Selasa, 24 September 2024, di Graha Pengayoman, Kemenkumham, pukul 10.00 WIB.

Supratman mengonfirmasi bahwa Nico menggantikan Andap Budhi Revianto. Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenkumham, Supartono, juga mengonfirmasi agenda pelantikan tersebut. “Sesuai undangan,” ujarnya saat dihubungi.

Saat ini, Nico menjabat Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Sebelumnya, dia adalah Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya. Nico pernah menjabat Kapolda Jawa Timur, namun dipindah tugas setelah tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko, belum memberikan respons terkait pelantikan Nico. Dia juga belum menanggapi pertanyaan mengenai posisi Ketua Lemdiklat Polri yang dijabat Nico. Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo, juga belum merespons.

Kedua pejabat ini tidak bisa dihubungi melalui WhatsApp. Pelantikan Nico diharapkan membawa perubahan positif bagi Kementerian Hukum dan HAM, mengingat pengalamannya yang luas di kepolisian.

Populer video

Berita lainnya