Perkuat Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas dan Pembelajaran Interaktif

Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pelatihan bagi guru-guru SMP Muhammadiyah di Kabupaten Sleman.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, Departemen Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan pelatihan bagi guru-guru SMP Muhammadiyah di Kabupaten Sleman. Kegiatan yang didanai oleh hibah DRTPM Kemendikbudristek ini dilaksanakan selama tiga hari (11 – 13) September 2024 di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan.

Acara ini diikuti oleh 30 guru dari SMP Muhammadiyah Seyegan dan Tempel. Kegiatan ini bertujuan memperkuat kemampuan guru dalam pengelolaan kelas yang efektif serta pelaksanaan pembelajaran interaktif.

Materi disampaikan oleh Dr. Endang Sri Budi Herawati, S.E., M.Pd., yang mengulas penerapan pembelajaran interaktif, dan Dr. Priadi Surya, S.Pd., M.Phil., yang menyampaikan strategi pengelolaan kelas. Selama pelatihan, peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga melakukan praktik langsung dalam kelompok kecil, sesuai mata pelajaran masing-masing.

Fokus pelatihan adalah teknik menciptakan iklim kelas positif, penerapan disiplin yang konsisten, strategi pembelajaran berdiferensiasi, serta penggunaan media dan evaluasi belajar berbasis teknologi seperti google form, kahoot, quizziz dan wordwall.

Diharapkan pelatihan ini dapat memotivasi guru untuk mendesain pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, sehingga kualitas pembelajaran meningkat dan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Selanjutnya pendampingan penerapan desain pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dilakukan secara daring hingga akhir oktober nanti. Selain materi tentang pembelajaran, kegiatan ini juga memberikan pelatihan dalam pembuatan website sekolah dan pengelolaan media sosial sekolah oleh Zaenal Mustofa, M. Kom. Hal ini bertujuan untuk memperluas jangkauan informasi sekolah dan meningkatkan interaksi dengan masyarakat. 



Populer video

Berita lainnya