5 Tanda Tersembunyi bahwa Anda Terlalu Fokus di Pekerjaan

pic by: canva.com

Tren beberapa tahun terakhir, seperti skema kerja jarak jauh dan peningkatan waktu liburan, telah menjadi berkah bagi banyak orang, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa tren ini juga memiliki dampak negatif. Banyak pekerja yang justru memfokuskan diri pada pekerjaan, termasuk saat berlibur.

Seorang pakar mengatakan Anda dapat mengetahui saat Anda bertindak berlebihan dari beberapa kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya merupakan indikator bahwa kita terlalu banyak bekerja, dan kebiasaan ini sangat tersembunyi sehingga Anda mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan ini bermasalah.

Seorang pakar karier membagikan 5 tanda tersembunyi yang menunjukkan bahwa Anda terlalu banyak bekerja pada pekerjaan:

1. Rumah Anda berantakan.

Ada banyak alasan mengapa ruangan Anda bisa sedikit berantakan, terutama jika Anda memiliki anak. Namun, Whitney mengatakan bahwa ruang tempat tinggal Anda bisa menjadi tanda “bahwa pekerjaan Anda tidak memberikan Anda versi terbaik, dan Anda terlalu lelah dan kewalahan untuk memberikan diri Anda kegembiraan dari rumah yang bersih.”

Penelitian telah lama menemukan hubungan antara kekacauan dan kesehatan mental, termasuk sebuah studi tahun 2012 yang menemukan bahwa orang yang tinggal di rumah yang berantakan cenderung memiliki kadar hormon stres kortisol yang tinggi. Jadi, jika rumah Anda berantakan, mungkin perlu dipertimbangkan apakah pekerjaan menjadi penyebabnya.

2. Anda makan banyak makanan siap saji.

Serupa dengan poin pertama, Whitney mengatakan bahwa terus-menerus mencari makan malam beku atau makanan cepat saji mungkin merupakan indikator bahwa Anda terlalu kurus.

“Jika Anda sering makan untuk kenyamanan,” tulisnya dalam postingannya, “kemungkinan besar karena Anda terlalu lelah untuk memasak.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ini merupakan indikasi bahwa Anda “terputus” dari diri Anda sendiri, yang berarti “sistem saraf Anda tidak tenang.” Mungkin sudah waktunya untuk sedikit mundur.

3. Anda memilih untuk mati rasa.

Jika Anda adalah tipe orang yang langsung melakukan aktivitas yang membuat pikiran Anda mati rasa setelah bekerja seperti menggulir media sosial tanpa tujuan atau menonton banyak acara, Whitney mengatakan itu adalah tanda utama bahwa Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk mengatasi tingkat stres yang tinggi.

“Jika Anda merasa mati rasa, itu bisa berarti sistem saraf Anda kewalahan,” tulisnya.

Melakukan sesuatu seperti hobi atau aktivitas yang Anda sukai, yang membutuhkan energi, tidak mungkin dilakukan, jadi sistem saraf Anda “ingin Anda menenangkannya dengan melepaskan diri dari dunia di sekitar Anda.” Menemukan cara untuk menjauh dari pekerjaan mungkin perlu dilakukan. Sementara itu, psikolog mengatakan, latihan pernapasan, peregangan, dan, jika Anda mampu, berjalan kaki sebentar jauh lebih bermanfaat saat Anda benar-benar kelelahan.

4. Penampilan Anda menurun.

Whitney mengatakan ini mungkin terlihat berbeda dari orang ke orang. “Ini bisa sesederhana memilih pakaian kasual saat Anda dulu suka berdandan,” tulisnya — tetapi itu juga bisa berarti mengabaikan praktik perawatan pribadi.

“Saat kita kewalahan dengan pekerjaan, kita berhenti memprioritaskan apa yang penting bagi kita dan apa yang membuat kita merasa senang,” tulis Whitney.

Dan para ahli kesehatan mental mengatakan saat kebersihan dan perawatan pribadi terasa terlalu berat, itu pertanda seseorang kewalahan secara mental atau tidak sehat, terutama bagi mereka yang neurodivergen.

5. Hal-hal kecil, seperti mobil Anda kehabisan bensin atau tagihan Anda yang belum dibayar, kini menjadi hal yang biasa.

Seperti halnya rumah yang berantakan, Whitney mengatakan bahwa kesalahan kecil namun penting — surat yang belum dibuka, halaman yang belum dipangkas, tidak ada belanjaan di rumah — merupakan tanda bahwa Anda terlalu sibuk.

‘Jika melakukan satu hal lagi terasa mustahil,’ jelasnya, ‘Anda mungkin telah mencapai kapasitas Anda.’ Mungkin sudah saatnya untuk berpikir untuk mundur, mengutamakan diri sendiri, dan menetapkan batasan dalam pekerjaan. Anda tidak hanya akan mendapat manfaat dengan memberi pikiran dan tubuh Anda lebih banyak ruang, tetapi kemungkinan besar pekerjaan Anda juga akan demikian.

Populer video

Berita lainnya