4 Aktivitas untuk Membuat Anak Tetap Aktif Selama Ramadan

pic by: canva.com

Orang tua dari anak-anak yang lebih muda (usia di bawah pubertas) tahu bahwa membuat anak tetap aktif selama Ramadan bisa menjadi tantangan, baik saat anak-anak berpuasa atau tidak.

Anak-anak yang berpuasa mudah lelah, bosan, dan rewel, dan yang ada di pikiran mereka hanyalah berbuka puasa. Anak-anak yang tidak berpuasa tetap membutuhkan perhatian dan persahabatan. Orang dewasa memiliki kegiatan ibadah tambahan yang telah mereka rencanakan untuk periode ini, dan akan mudah bagi mereka untuk bebas beraktivitas sementara Anda berusaha memaksimalkan setiap menit dalam sebulan.

Jika Anda membutuhkan ide untuk membuat anak-anak tetap aktif selama Ramadan, berikut adalah lima aktivitas yang dapat Anda rencanakan untuk mereka lakukan, terutama jika mereka berpuasa. Menghadiri Kelas Studi Islam (Online atau Offline). Salah satu aktivitas yang paling bermanfaat untuk membuat anak-anak tetap aktif selama Ramadan adalah kelas studi Islam yang mengajarkan berbagai aspek keimanan kepada anak-anak.

Kelas-kelas ini merupakan cara yang sangat baik bagi anak-anak untuk mempelajari Islam dalam bentuk yang disederhanakan, dan dari orang yang berpengetahuan. Kelas-kelas ini membantu anak-anak memahami berbagai aspek keimanan kita, dan menjawab semua pertanyaan yang biasanya diajukan anak-anak muda tentang menyembah Allah (SWT).

Beribadah Bersama

Ibadah adalah tindakan ibadah seperti berdoa, membaca Al-Qur’an, berpuasa, berdzikir kepada Allah (SWT), dll. Selama bulan Ramadan (dan di luar bulan tersebut), melakukan ibadah-ibadah ini bersama anak-anak Anda adalah cara yang baik untuk membuat mereka tetap terlibat.

Orang tua biasanya melakukan ibadah mereka secara pribadi, baik karena tidak ingin diganggu atau karena kami pikir anak-anak masih terlalu kecil untuk ikut serta. Namun, akan lebih baik jika Anda melibatkan anak-anak dalam ibadah Anda sebanyak mungkin. Mereka akan belajar cara beribadah dengan menonton, dan kenangan masa kecil mereka akan terisi dengan melihat orang tua mereka beribadah kepada Allah SWT. Anda dapat mengajak mereka untuk mendengarkan saat Anda membaca Al-Qur’an atau membaca dzikir/doa bersama Anda.

Buat Waktu Bersama Keluarga

Waktu bersama keluarga merupakan cara yang bagus untuk membuat anak-anak tetap terlibat selama bulan Ramadan dan untuk mengajarkan mereka tentang Islam. Waktu bersama adalah waktu ketika orang tua/guru duduk bersama anak untuk melakukan beberapa kegiatan belajar/bermain bersama mereka.

Selama waktu bersama di bulan Ramadan, Anda dapat membaca buku bersama dan membicarakan apa yang telah Anda baca. Anda dapat membaca buku anak-anak atau buku untuk orang dewasa. Untuk buku orang dewasa, orang tua membacakan buku untuk anak dan kemudian menjelaskan tentang isi buku tersebut. Kami sering membaca buku berjudul “Fatawa Islam Mengenai Wanita” dan mendiskusikannya dengan anak-anak dalam bahasa yang lebih sederhana. Kegiatan seperti ini memberi anak lebih banyak pengetahuan tentang Islam sekaligus memberi Anda sesuatu untuk menyibukkan mereka selama berpuasa.

Buat Kerajinan Bertema Islam

Ada banyak ide kerajinan bertema Ramadan dan Islam di internet, khususnya di Pinterest. Dan karena anak-anak suka membuat kerajinan, ini hampir selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka. Keluarkan perlengkapan kerajinan Anda setiap kali anak-anak yang berpuasa menjadi tidak sabar dan tergoda untuk membatalkan puasa, khususnya menjelang salat maghrib, dan pilihlah kegiatan untuk dilakukan.

Anda dapat memilih kegiatan yang dapat mereka lakukan sendiri atau yang dapat Anda lakukan bersama mereka. Atau mereka melakukannya di sekitar meja dapur saat Anda menyiapkan buka puasa atau melakukan ibadah sendiri.

Menemukan Waktu untuk Membuat Anak-anak Tetap Aktif Selama Ramadan

Luangkan waktu beberapa menit untuk memilih kegiatan mana (dan kegiatan lain yang sudah Anda lakukan) yang akan Anda lakukan bersama anak-anak. Tidak semua kegiatan harus dilakukan setiap hari. Pilihlah kegiatan yang cukup agar dapat dilakukan dalam sehari.

Putuskan waktu yang paling memungkinkan bagi Anda untuk melakukan kegiatan yang telah Anda pilih. Pagi setelah Subuh? Malam sebelum berbuka? Sore? Apa pun yang sesuai dengan jadwal Anda saat ini, atau waktu-waktu ketika Anda melihat anak Anda mulai lelah berpuasa atau ingin ditemani.

Menjaga anak-anak tetap terlibat dengan kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadan adalah hal yang baik bagi kami sebagai orang tua, dan juga bagi anak-anak. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mengajarkan mereka tentang agama, melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan ibadah, dan membuat mereka sibuk sehingga kita juga dapat melakukan ibadah kita.

Populer video

Berita lainnya