10 Resep Nasi Timur Tengah dan Arab Terbaik

pic by: canva.com

Nasi merupakan makanan pokok yang populer di Timur Tengah, yang dapat ditemukan di sebagian besar negara Arab. Nasi sering kali menggunakan bahan-bahan seperti kapulaga, kunyit, kayu manis, jinten, dan cengkeh, yang meningkatkan cita rasa hidangan ini. Selain itu, nasi dipadukan dengan berbagai daging seperti ayam atau domba dan sayuran yang menjadikannya makanan lengkap.

Menurut pengalaman saya di Timur Tengah, saya telah menyantap banyak resep nasi Arab yang lezat, yang membuatnya unik karena budayanya yang kaya. Resep-resep ini termasuk Kabsa dari Arab Saudi, Koshari dari Mesir, dan Mansaf dari Yordania.

Bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam Resep Nasi? Saat memasak resep nasi Timur Tengah atau Arab, kami menambahkan rempah-rempah, herba, dan bahan-bahan lain untuk menjadikannya makanan lezat:

Nasi: Kami menggunakan beras bulir panjang seperti basmati karena beras ini dikenal dengan bulirnya yang lembut dan terpisah saat dimasak.

Daging & Unggas: Kami biasanya menambahkan ayam, sapi, domba, ikan, atau udang sebagai sumber protein.

Rempah-rempah: Tentu saja, Anda tidak dapat memasak resep nasi Timur Tengah tanpa rempah-rempah. Rempah-rempah ini termasuk jinten, ketumbar, kayu manis, kapulaga, cengkeh, pala, dan allspice, yang membantu meningkatkan rasa hidangan.

Sayuran: Sayuran umum yang kami gunakan dalam masakan Timur Tengah kami termasuk wortel, kacang polong, paprika, tomat, terong, dan kentang.

Bawang Merah dan Bawang Putih: Ini akan membantu meningkatkan rasa dan cita rasa hidangan nasi.

Rempah-rempah: Kami sering menambahkan peterseli atau ketumbar untuk hiasan dan menambah kesegaran pada hidangan.

1. Chicken Majboos

Chicken Majboos adalah hidangan nasi tradisional Kuwait yang mengandung rasa yang kaya dan rempah-rempah yang harum. Ayam direbus dengan berbagai rempah seperti jinten, kapulaga, cengkeh, dan rempah lainnya, yang menghasilkan daging yang empuk dan beraroma.

Nasi kemudian dimasak menggunakan kaldu yang sama yang kemudian disajikan bersama ayam. Hidangan nasional Kuwait ini paling enak disajikan dengan salad Arab dan saus tomat bawang putih yang dikenal sebagai daqoos.

2. Beef Kabsa

Beef Kabsa adalah hidangan tradisional Saudi di mana daging sapi dimasak dengan saus tomat & berbagai rempah aromatik, lalu dipadukan dengan nasi basmati yang dimasak dalam kaldu beraroma. Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional Arab Saudi, yang disajikan selama acara kumpul keluarga dan acara-acara penting.

3. Arabic Biryani

Arabic Biryani adalah hidangan nasi ayam Arab Teluk yang dibumbui dengan rempah-rempah dan diberi taburan bawang goreng. Resep yang terinspirasi dari India ini mirip dengan Mandi, kecuali dibuat menggunakan rempah-rempah dan herba Arab, yang paling enak disajikan dengan saus yogurt bawang putih, atau saus tomat daqoos.

4. Machboos Ikan

Machboos ikan mengandung rempah-rempah dan herba yang sama saat memasak majboos ayam. Satu-satunya pengecualian adalah penggunaan ikan, yang direndam lalu digoreng untuk menyerap rasa yang kaya. Resep ini paling cocok disajikan dengan salad dan daqoos.

Meskipun ini adalah hidangan tradisional Kuwait, negara-negara Teluk Arab lainnya seperti Qatar dan Bahrain, memiliki versi resep machboos mereka sendiri.

5. Maqluba Ayam

Maqluba Ayam adalah hidangan nasi berbumbu ayam yang ditemukan di Palestina dan Yordania yang terdiri dari kembang kol goreng, terong, kentang, dan daging. Dalam bahasa Arab, Maqluba (Makloubeh atau Maqlooba) berarti “Terbalik” karena kita mengambil panci dan membaliknya langsung di atas piring besar. Secara tradisional, hidangan ini disantap dengan salad Arab dan yogurt tawar.

6. Mansaf

Mansaf adalah hidangan tradisional Yordania yang terdiri dari daging domba yang dimasak dengan saus yogurt asam yang disebut Jameed dan disajikan di atas nasi kunyit kuning dan diberi taburan kacang panggang dan peterseli segar. Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional Yordania yang populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan. Selain itu, dalam beberapa variasi, Anda dapat menggunakan Jameed atau yogurt tawar.

7. Nasi Bihun Lebanon

Nasi Bihun Lebanon adalah resep nasi Timur Tengah yang dicampur dengan beras bulir panjang, minyak zaitun, dan mi bihun. Hidangan nasi ini secara tradisional disajikan dan dimakan dengan hidangan semur daging lainnya seperti molokhia, bamia, atau hidangan semur tomat lainnya, dan salad seperti fatoush, tabouleh, atau salad Arab.

Meskipun berasal dari Lebanon, resep nasi Arab ini dimakan di negara lain seperti Yordania dan Suriah.

8. Kebab Kofta Daging Sapi

Resep kebab kofta daging sapi adalah hidangan daging cincang ala Arab yang dicampur dengan rempah-rempah Arab, daging giling, dan rempah hijau. Ini adalah makanan jalanan populer di Timur Tengah yang disajikan dengan nasi atau roti pipih berbumbu, dan saus bawang putih yogurt putih.

9. Nasi Koshari

Kushari atau nasi Koshari adalah hidangan nasi khas Mesir yang dicampur dengan kacang lentil, makaroni, & nasi, dan diberi taburan bawang goreng. Hidangan ini juga disajikan dengan saus tomat bawang putih untuk menambah cita rasa hidangan ini.

10. Nasi Shawarma Ayam

Meskipun ini bukan hidangan nasi Timur Tengah yang asli, ini adalah variasi shawarma dengan nasi. Nasi Shawarma Ayam ini adalah resep Filipina yang terinspirasi dari Arab yang terdiri dari ayam panggang yang diberi bumbu, nasi kuning, dan salad sayuran, yang disiram dengan saus putih yoghurt, dan saus pedas.

Populer video

Berita lainnya