Ilham Habibie Diincar PKS untuk Pilkada Jawa Barat 2024

PIct by Instagram

Pakar ilmu politik Universitas Padjajaran (Unpad), Yusa Djuyandi, memperkirakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mempertimbangkan Ilham Habibie sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024. “PKS sering membangun koalisi dengan rekan koalisi nasional,” ujarnya pada Jumat, 19 Juli 2024. Ilham Habibie bukanlah nama asing di PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), sekarang dikenal sebagai PT Dirgantara Indonesia, yang berlokasi di Bandung. Ayah Ilham, Presiden ke-3 RI BJ Habibie, adalah tokoh penting di IPTN.

“Dulu ayah Ilham (BJ Habibie) adalah tokoh di IPTN yang berlokasi di Bandung,” kata Yusa. Selain itu, PKS menganggap Ilham sebagai sosok yang cerdas dan mampu memimpin. “Banyak yang merasa dua orang ini (BJ Habibie dan Ilham) bukan hanya cerdas, tapi punya kontribusi,” lanjutnya.

Sekjen Nasdem, Hermawi Taslim, menyatakan partainya dan PKS masih memerlukan dukungan tambahan di Jawa Barat. Dia menyebut Koalisi Perubahan pada Pilpres 2024, di mana PKS dan Nasdem mendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. “Jika kita bisa mengulangi success story koalisi 01, kenapa tidak?” ujar Hermawi pada Kamis, 18 Juli 2024.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menyambut baik kedatangan Nasdem. Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, sempat memberitahu Syaikhu mengenai pengusungan Ilham Habibie. “Tentu ini sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Pak Ketum Nasdem kepada saya saat perbincangan beberapa waktu lalu. Beliau secara khusus spesifik menyebut nama Kang Ilham Habibie,” ungkap Syaikhu.

Syaikhu berharap antara PKS dan Nasdem dapat menemukan kesepakatan dalam membangun kebersamaan. “Mudah-mudahan insya Allah ada titik temu untuk membangun kebersamaan di antara PKS dengan Nasdem, baik di Jawa Barat maupun DKI Jakarta,” tutupnya.

Populer video

Berita lainnya