10 Emosi Positif yang Membuat Kita Menjadi Orang Baik

Kesadaran Diri Ketika kita berpikir tentang emosi positif, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah kebahagiaan, bukan? Namun masih banyak emosi positif lainnya selain kebahagiaan. Siap menjelajahi apa sajakah itu?

Berikut Adalah 10 Emosi Positif Yang Membuat Kita Menjadi Orang Baik:

1. Kebanggaan.

Kita merasa bangga ketika kita mengasosiasikan diri kita dengan suatu prestasi pribadi, atau prestasi orang lain (seperti rasa bangga ketika seorang anak memenangkan sebuah penghargaan). Kita juga merasa bangga ketika orang lain mengagumi kita.

 2. Welas Asih.

Ini adalah emosi dimana kita menunjukkan simpati dan kepedulian terhadap penderitaan orang lain. Umumnya, ketika kita menunjukkan kepedulian atau rasa kasihan terhadap orang lain, hal ini merupakan emosi positif.

3. Syukur

Rasa syukur relatif belum dipelajari sampai saat ini. Ini adalah emosi yang positif karena bukti penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan rasa syukur dapat memberikan umpan balik dan memberi kita rasa kesejahteraan yang lebih besar. Itulah sebabnya orang didorong untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada orang lain: Hal ini membuat mereka merasa baik, dan juga kita.

4. Cinta.

Mungkin tidak ada emosi positif lain yang lebih manusiawi selain cinta. Jelasnya, cinta mempunyai komponen emosional—kita merasakan gairah saat sedang jatuh cinta—bentuk gairah yang disebutkan dalam puisi dan sastra. Ini adalah cinta yang kita kembangkan karena kita memiliki minat yang sama dan sekadar menikmati kebersamaan dengan orang lain.

5. Kagum.

Rasa kagum adalah emosi yang terpicu ketika dihadapkan pada sesuatu yang luas. Misalnya saja pemandangan Grand Canyon, atau memandang ke langit malam dan membayangkan luasnya alam semesta.

6. Harapan.

Harapan itulah yang menjadi motivasi kita untuk terus maju dan mengantisipasi hal-hal baik di masa depan. Meskipun berkaitan dengan optimisme (yaitu memikirkan hasil yang positif), harapan lebih dari sekadar pengalaman kognitif tentang hal positif dan membuat kita merasa nyaman dengan masa depan.

7. Sukacita.

Kegembiraan adalah versi ekstrim dari emosi kebahagiaan. Anggap saja seperti dibanjiri oleh emosi positif dan mengalami kesenangan belaka.

8. Ketenangan.

Emosi mengalami kedamaian batin disebut ketenangan. Penelitian menunjukkan bahwa ketenangan dapat mengurangi stres dan kecemasan serta menimbulkan perasaan sejahtera.

9. Hiburan.

Kita menonton film lucu atau stand-up comedian, dan kita merasakan emosi geli. Tawa kecil atau senyuman licik ketika seseorang menceritakan sebuah lelucon adalah tanda bahwa kita sedang mengalami emosi yang menyenangkan dan positif.

10. Kekaguman.

 Kekaguman diartikan sebagai sensasi ketika kita terkesan atau menghormati orang lain. Kamus Oxford mendefinisikannya sebagai “kontemplasi yang menyenangkan.” Kekaguman adalah emosi positif, tetapi, seperti banyak emosi positif lainnya.

Populer video

Berita lainnya