Simak Manfaat Anak Membawa Bekal ke Sekolah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bekal Sekolah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain mempersiapkan segala keperluan sekolah, bekal makan biasanya menjadi salah satu yang disiapkan ibu untuk anaknya sekolah. Menyiapkan bekal sehat dari rumah tentu lebih hemat dibanding membelinya di kantin sekolah.

Selain itu, cara ini juga dapat mencegah anak membeli makanan atau cemilan yang tidak sehat. Bukan hanya lebih hemat, ada manfaat kesehatan yang bisa didapat jika anak membawa bekal ke sekolah. Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Pilihan Makanan Lebih Sehat

Ketika menyiapkan bekal makan siang anak, ibu dapat mengontrol dan memastikan anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Jika anak juga perlu camilan, maka ibu bisa memilihkan camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah kering, atau sereal sehat.

Menciptakan Kebiasaan Sehat

Dengan anak membawa bekal ke sekolah, ia akan tumbuh dan belajar tentang nutrisi yang baik. Selain itu, anak akan memiliki kebiasaan makan yang sehat seiring bertambahnya usia. Jika anak mulai belajar membuat dan mengemas bekal makanan setiap hari, maka ia akan mempelajari suatu keterampilan baru. Nah, hal ini merupakan kebiasaan yang baik untuk dirinya.

Mengajarkan Tanggung Jawab

Dengan memberi anak bekal makanan ke sekolah, orang tua juga bisa mulai mengajari anak tentang tanggung jawab. Sehingga, anak dapat belajar tanggung jawab bahwa bekal yang ia bawa dari rumah harus di makan saat jam makan siang. Setidaknya ia mulai bertanggung jawab tentang menjaga kesehatan diri sendiri.

Membangun Kedekatan Emosional dengan Orang Tua

Selain mengajarkan tentang pola makan sehat, memberikan bekal makan siang juga dapat membangun kedekatan emosional, antara anak dan orang tua secara keseluruhan. Seiring pertumbuhannya, anak akan menyadari bahwa tindakan ibu menyiapkan bekal adalah bentuk kasih sayang yang ia terima.

Populer video

Berita lainnya