Mengungkap Manfaat Minyak Urang Aring untuk Kesehatan Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Minyak Urang Aring
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sejak dulu minyak urang-aring dipercaya untuk merawat rambut. Selain dipercaya dapat memperkuat dan meningkatkan pertembuhan rambut, minyak urang-aring dipercaya dapat membantu mencegah uban dan ketombe. Hal itu dikarenakan minyak urang-aring kaya akan antioksidan, seperti vitamin E.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki rambut yang subur serta kuat, minyak urang-aring bisa menjadi pilihan bagi Anda. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa manfaat minyak urang-aring untuk kesehatan rambut.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan pada tikus albino jantan menemukan, bahwa penggunaan minyak urang-aring dapat meningkatkan jumlah folikel rambut. Selain itu, kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak urang-aring juga diyakini dapat mengurangi stres oksidatif. Dengan demikian, kulit kepala dan rambut bisa lebih terjaga kesehatannya.

Mengurangi Ketombe pada Rambut

Minyak urang-aring mengandung ekstrak Eclipta alba yang terbukti efektif melawan bakteri dan jamur. Hal tersebut membuatnya mampu mengurangi ketombe di kulit kepala. Minyak ini juga memiliki sifat antiradang, yang diduga dapat membantu mengurangi keluhan psoriasis atau iritasi kulit kepala jenis lainnya.

Memperlambat Munculnya Uban

Minyak urang-aring disebut-sebut dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses rambut beruban. Namun, manfaat urang aring untuk rambut yang satu ini masih bersifat dugaan alias belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Mengilaukan Rambut

Kandungan vitamin E dalam minyak urang-aring dapat mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat kerusakan. Namun sayangnya, manfaat itu belum tentu dirasakan oleh setiap orang. Sebab, penelitian yang mengkaji manfaat vitamin E dari urang-aring untuk rambut berkilau masih belum dapat dijadikan sebagai acuan.

Populer video

Berita lainnya