Manfaat Habbatussauda bagi Tubuh di Tengah Pandemi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Habbatussauda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Habbatussauda atau disebut juga jintan hitam adalah salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah. Bijinya telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan manfaat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, agar tidak mudah terserang bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Habbatussauda mengandung beragam nutrisi seperti protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol. Berkat kandungannya itu, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari habbatussauda, seperti dilansir dari laman alodokter.

Memperkuat daya tahan tubuh

Beberapa penelitianmembuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid, mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk COVID-19. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda juga diketahui dapat meredakan peradangan dan menangkal efek radikal bebas pemicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Tanaman herbal lain yang juga dipercaya sejak lama dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah jahe. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam jahe dapat mengatasi dan mencegah masuk angin serta memberi rasa hangat bagi tubuh.

Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Manfaat habbatussauda lainnya adalah melawan infeksi bakteri, seperti E. coli yang dapat menyebabkan diare atau P. aeruginosa penyebab pneumonia dan infeksi saluran kemih. Meski begitu, penelitian mengenai manfaat habbatussauda untuk melawan infeksi bakteri pun masih terbatas pada uji coba di laboratorium, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain kedua manfaat di atas, habbatussauda juga dipercaya memiliki beragam manfaat lain, seperti:

  • Melancarkan pencernaan
  • Menghilangkan sakit kepala
  • Meredakan gejala asma
  • Menjaga tekanan darah
  • Mengatasi kolesterol tinggi
  • Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh
  • Seputar Produk Habbatussauda dan Cara Tepat Memilihnya
  • Produk habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, seperti pil, kapsul, atau sirup. Habbatusauda juga dapat dikombinasikan dengan tanaman herbal lain, seperti meniran dan jahe.

Populer video

Berita lainnya