Mengenal Istilah Ghosting, dan Alasan Seseorang Melakukannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Istilah Ghosting
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin banyak dari kalian yang pernah mendengar istilah ghosting dalam suatu hubungan. Menjadi pertanyaan, apa sih ghosting itu? Ya, ghosting merupakan istilah dimana seseorang memutuskan komunikasi secara tiba-tiba tanpa adanya penjelasan.

Ghosting sering kali dianggap sebagai cara yang mudah untuk mengakhiri suatu hubungan. Bukan hanya hubungan asmara, tetapi juga pertemanan, pekerjaan, atau bahkan pernikahan. Dilansir dari laman alodokter, ada beberapa penyebab seseorang melakukan ghosting, yakni:

Merasa takut

Sebagian besar pelaku ghosting memiliki ketakutan terhadap hubungan yang dijalaninya, baik takut dikecewakan atau takut merasa sakit bila hubungan tersebut nantinya harus berakhir. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk melakukan ghosting agar terbebas dari rasa takut tersebut.

Menghindari konflik dalam hubungan

Dalam suatu hubungan, perbedaan pendapat merupakan hal yang umum terjadi dan bisa menimbulkan konflik, apalagi bila hubungan tersebut sudah dekat secara emosional. Tidak semua orang siap menghadapi konflik dalam hubungan, dan hal ini sering menjadi alasan orang untuk melakukan ghosting.

Menghindari pertengkaran saat berpisah

Ketika suatu hubungan tidak lagi terasa nyaman, tidak semua orang juga bisa dengan mudah mengucapkan kata-kata perpisahan. Pada akhirnya, ghosting atau silent treatment pun menjadi pilihan yang mudah untuk memutuskan hubungan tanpa harus berdebat atau menjelaskan alasannya.

Merasa tidak ada ikatan

Beberapa orang menganggap bahwa dirinya tidak terikat komitmen apa pun dalam suatu hubungan, terutama hubungan pertemanan atau hubungan asmara yang baru dalam tahap penjajakan. Pada kondisi ini, pelaku ghosting menganggap bahwa hubungannya dengan orang yang ia tinggalkan tidak saling terikat atau tidak bergantung satu sama lain, sehingga tidak masalah untuk tiba-tiba memutuskan komunikasi dan menghilang.

Ingin melindungi diri sendiri

Hubungan yang tidak sehat bisa berdampak negatif dalam kehidupan seseorang. Memutuskan komunikasi secara tiba-tiba dengan melakukan ghosting kadang dianggap sebagai jalan keluar untuk melindungi diri dari hubungan yang toksik (toxic relationship) seperti itu.

Populer video

Berita lainnya