Awas! Ini Bahayanya jika Tidur Dekat Ponsel

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Tidur dekat Ponsel
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di era teknologi seperti sekarang ini, hampir semua orang tak bisa lepas dengan ponsel atau gadgetnya. Bahkan, ponsel seolah menjadi barang wajib yang harus selalu ada, termasuk ketika sedang tidur.

Apapun alasannya, saat ini banyak orang yang sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik satu ini. Tapi tahukah anda bahwa tidur dekat ponsel berbahaya? Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut bahaya tidur dekat ponsel.

Mengurangi kemampuan konsentrasi

Mungkin anda pernah ketiduran sambil memegang ponsel atau dengan sengaja menaruhnya di bawah bantal. Dengan alasan, agar mempernudah jangkauan ketika ponsel berbunyi karena ada panggilan masuk ataupun alarm.

Sementara menurut penelitian, segala macam jenis ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Efek dari radiasi ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot anda tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari mungkin anda akan merasa kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

Ponsel di bawah bantal bisa menyebabkan kebakaran

Mungkin anda pernah mendengar peristiwa ponsel terbakar atau meledak. Hanya saja masih banyak orang yang sengaja menaruh ponselnya di bawah bantal, terlebih saat sedang dalam kondisi mengisi baterai dan dibiarkan semalaman.

Menaruh ponsel di bawah bantal sambil mengisi daya baterai sangat tidak disarankan. Pasalnya, ponsel dalam kondisi mengisi daya akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, ataupun bahan tebal lainnya sehingga berisiko memicu kebakaran.

Membuat anda sulit tidur

Ponsel, tablet, TV, dan gadget lainnya akan memancarkan cahaya biru. Sebuah penelitian menunjukan bahwa cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari, sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang sepanjang waktu, padahal nyatanya sudah malam. Ketika Anda ingin tidur, pastikan Anda sudah mematikan semua elektronik dua jam sebelum tidur. Lebih baik lagi, simpan ponsel dan laptop di ruangan lain saat anda terlelap.

Gangguan sel otak

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi.

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, mengatakan, paparan radiasi handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. at risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

Populer video

Berita lainnya