Buat para Hijaber ! Ini 5 Trik Rambut Bebas Gatal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Rambut Gatal saat memekai hijab
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rambut gatal menjadi salah satu masalah yang dihadapi para wanita berhijab. Tentunya hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama bagi anda yang mengenakan hijab sepanjang hari.

Bagi wanita berhijab, rambut baru mendapatkan udara segar saat ia sudah di rumah dan melepas hijabnya. Sementara kulit kepala dan rambut yang terus menerus ditutup lebih mudah berminyak dan lembab.

Sebenarnya, normal jika kulit kepala mengeluarkan minyak alami (sebum). Hal ini bertujuan agar rambut Anda tidak akan kekeringan. Namun, jika produksi sebum terlalu berlebihan justru mengakibatkan kulit kepala gatal.

Oleh karenanya, rambut yang selalu ditutupi jilbab membutuhkan perhatian khusus. Apalagi jika rambut sudah sering terasa gatal. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut cara mengatasi rambut gatal buat anda yang berjilbab.

Segera melepas jilbab setelah sampai rumah

Sesampainya di rumah setelah beraktivitas, sebaiknya jangan membiarkan rambut anda tertutup jilbab terlalu lama. Segera lepas hijab dan biarkan rambut “beristirahat” untuk mendapatkan udara. Jauh lebih baik apabila anda memberikan pijatan ringan pada rambut supaya kepala terasa lebih rileks. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di kepala.

Pastikan rambut anda kering sebelum memakai jilbab

Keringkan rambut anda sebelum mengenakan jilbab. Jika anda keramas, pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum anda menutupnya dengan kain. Menutup rambut yang basah dengan jilbab dapat menyebabkan rambut terlalu lembab, hingga berisiko munculnya jamur. Hal ini yang dapat menyebabkan rambut terasa semakin gatal.

Pilih bahan jilbab yang tepat

Gunakanlah jilbab dengan bahan yang sesuai dengan suhu dan cuaca. Apabila cuacanya cukup panas dan terik, hindari menggunakan jilbab berbahan tebal. Kain berbahan tebal menyebabkan rambut anda tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga lebih cepat lembab dan gatal.

Pilih sampo dan kondisioner berbahan ringan

Memilih sampo dan kondisioner dengan bahan yang ringan juga dapat membantu mengurangi rambut gatal karena berjilbab. Produk rambut dengan bahan-bahan yang terlalu keras dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Pilihlah produk pembersih rambut dengan kandungan bahan yang lembut, seperti minyak kelapa. Anda juga dapat memilih sampo antiketombe dan antijamur yang mengandung pyrithione zinc atau selenium sulfide.

Hindari keramas setiap hari

Keramas terlalu sering tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Terlalu sering keramas mengakibatkan minyak alami di kulit kepala berkurang, sehingga kulit kepala akan semakin kering. Kondisi ini juga memicu munculnya gatal-gatal.

Populer video

Berita lainnya