Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Mengatasi Ketombe

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengatasi Ketombe
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi segala macam gangguan kesehatan. Tak terkecuali untuk rambut yang bermasalah. Ya, minyak kelapa dapat melindungi rambut rontok, rasa gatal di kulit kepala, hingga ketombe yang membandel.

Ketombe sendiri merupakan serpihan kulit yang berasal dari lapisan sel kulit mati di kepala. Ketombe biasanya akan diperparah oleh adanya infeksi jamur, eksim, psoriasis, kulit kepala yang sensitif, atau kondisi kulit kepala yang kering. Bahkan, perrawatan rambut yang salah pun bisa memperburuk kondisi ini.

Dilansir dari laman helloSEHAT, ada banyak cara yang bisa anda lakukan dengan minyak kelapa, untuk rambut ketombe. Berikut ini beberapa cara tersebut.

Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala

Pertama, cuci rambut anda seperti biasa. Setelah rambut kering, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala, lalu pijat menggunakan jari selama 3-5 menit. Optimalkan manfaat minyak kelapa untuk rambut anda dengan cara mengoleskannya secara merata, khususnya di area puncak kepala.

Setelah 5-10 menit, bilas rambut dengan air hangat, lalu keringkan. Lakukan cara ini sebanyak satu kali setiap minggu hingga ketombe anda tampak berkurang.

Membuat masker rambut

Siapkan minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan yogurt, masing-masing sebanyak 2 sendok makan. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata, lalu balurkan pada kulit kepala anda. Kemudian pijat selama 5-10 menit. Biarkan masker bekerja selama 45-60 menit.

Setelahnya, cuci rambut anda menggunakan sampo hingga seluruh campuran masker luruh bersama air. Begitu rambut anda mengering, oleskan satu sendok teh minyak kelapa pada kulit kepala dan biarkan hingga menyerap. Anda dapat menggunakan masker ini setidaknya satu kali seminggu hingga kondisi kulit kepala Anda membaik.

Mencampur dengan produk perawatan rambut

Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut berketombe dengan mencampurnya ke dalam sampo, kondisioner, atau bahkan produk yang anda gunakan untuk menata rambut. Cukup masukkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam produk-produk tersebut, lalu campurkan hingga merata.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut terbilang cukup menjanjikan, terlebih untuk mengatasi ketombe. Namun, anda perlu memahami lebih dalam masalah ketombe Anda sebelum menggunakannya. Minyak kelapa sebaiknya tidak digunakan bila masalah ketombe disebabkan oleh produksi minyak rambut berlebih, atau bila Anda memiliki alergi terhadap jenis minyak ini.

Populer video

Berita lainnya