7 Alasan Orang yang Sering Bepergian Mungkin Lebih Sukses

pic by: canva.com

Kita semua ingin mempelajari rahasia cara menjadi sukses. Dan sementara sebagian dari kita akan sukses, yang lain tidak. Ada banyak perdebatan tentang apa yang menciptakan jalan menuju kesuksesan. Itu adalah ketekunan, bekerja keras, dan fokus serta motivasi, tidak diragukan lagi. Tetapi, dapatkah kesuksesan datang dari mengetahui kapan harus pergi dan berlibur?

Ada banyak bukti yang menyimpulkan bahwa orang yang sering bepergian cenderung lebih sukses — berikut alasannya.

1. Ketakutan akan hal yang tidak diketahui mendorong ambisi Anda.

“Sering bepergian membuat Anda keluar dari zona nyaman, membuka dunia dan pengalaman baru. Menghadapi skenario dan pertemuan baru, Anda mempelajari strategi penanganan yang efektif yang membantu Anda bertahan hidup dan mengelola ketakutan Anda akan hal yang tidak diketahui,” kata Dr. Ben Michaelis, seorang psikolog klinis, dan pakar kesehatan mental.

Saat Anda bepergian, Anda belajar untuk mengambil tindakan dan menerima tantangan. Anda juga mempelajari cara-cara kreatif untuk beradaptasi dengan perubahan dan menggunakan sumber daya Anda dengan bijak. Semua perilaku ini merupakan inti dari pencapaian kesuksesan dalam bisnis dan inspirasi inovasi serta kreativitas

2. Mencoba sesuatu yang baru dapat memperluas wawasan Anda.

Banyak dari kita yang bekerja di meja yang sama di kantor yang sama dan menggunakan komputer yang sama setiap hari. Memang nyaman. Namun, terkadang kita dapat belajar banyak dan berpikir lebih banyak saat kita meninggalkan hal-hal yang sudah kita kenal dan melihat hal-hal baru. Kita mungkin pulang dengan beberapa ide baru. Merangkul perubahan dapat membantu kita dalam semua aspek kehidupan kita.

3. Anda akan selalu melihat gambaran yang lebih besar.

Jika kita tidak meluangkan waktu dari pekerjaan, kita akan mudah terjebak dalam tekanan langsung dari hari ke hari. Sedikit waktu untuk beristirahat, meskipun hanya akhir pekan yang panjang, dapat menciptakan jarak psikologis sehingga kita dapat melihat hal-hal yang benar-benar penting dengan mudah.

“Saat kita menjauh, lebih mudah untuk melihat gambaran besar, untuk fokus pada apa yang kita inginkan ketimbang apa yang ada di depan kita, dan lebih terbuka untuk mengambil risiko demi mencapai apa yang kita inginkan. Meskipun menyenangkan untuk benar-benar beristirahat saat berlibur, sisihkan waktu 15 menit di beberapa titik untuk memikirkan apa yang benar-benar penting dalam pekerjaan Anda, karena Anda jauh lebih siap untuk melihatnya dengan jarak psikologis,” saran pelatih saraf, Josh Davis, Ph.D.

4. Liburan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

“Akumulasi stres meningkatkan risiko kita terhadap hampir setiap penyakit. Penyakit dan kesehatan yang buruk memengaruhi kemampuan untuk secara konsisten mempertahankan tujuan pribadi dan profesional. Liburan dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan metabolisme. Liburan tidak hanya memengaruhi kesehatan kita, tetapi juga meningkatkan kreativitas, memberi waktu untuk mengisi ulang tenaga, dan meningkatkan kepositifan, sehingga meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang,” kata Jessie Gill, seorang perawat holistik.

5. Jejaring membantu Anda membangun pengaruh dan rasa hormat.

Sharon Schweitzer menceritakan kisah seorang CEO perusahaan konsultan yang dikirim ke Myanmar untuk tugas besar selama beberapa tahun. Dari tahun 1962 hingga 2011, Myanmar merupakan negara yang dipimpin oleh kediktatoran militer. Hal ini mungkin memberi kesan kepada CEO bahwa budaya negara tersebut lebih mengutamakan proses daripada manusia. Namun, ia segera menyadari bahwa yang terjadi adalah sebaliknya.

Seiring berjalannya waktu, CEO tersebut membina lingkaran koneksi yang sangat penting di pemerintahan dan komunitas bisnis. Pada suatu kesempatan, setelah bertemu dengan seorang eksportir gula Thailand, ia memperkenalkan eksportir tersebut kepada sejumlah pejabat tinggi di Kementerian Negara di seluruh negeri. Jaringan tersebut membuahkan keberhasilan bagi semua orang. CEO ini adalah contoh bagaimana Anda dapat membangun hubungan yang berharga tanpa harus menggunakan tipu daya, apalagi suap atau korupsi.

6. Perencanaan yang matang memastikan penyelesaian proyek yang tepat.

Dalam wawancara dengan Schweitzer, Tn. Yuki Ochiai, wakil konsul Jepang di Houston, menjelaskan mengapa hampir tidak ada perselisihan di ruang rapat Jepang: perencanaan awal dan pembangunan konsensus, atau konsep Nemawashi Jepang.

Intinya, Nemawashi adalah frasa yang digunakan dalam berkebun, dan menandakan pentingnya pemangkasan dan pemindahan pohon untuk mencegah keadaan syok. Ketika diterapkan pada bisnis, Tn. Ochiai mengatakan bahwa nemawashi melibatkan penjelasan proyek atau ide dalam serangkaian pra-pertemuan dengan kolega yang juga akan menghadiri pertemuan atau negosiasi akhir.

7. Bepergian membawa perspektif yang lebih tinggi.

“Setiap kali saya kembali dari perjalanan, saya merasa seolah-olah telah mempelajari sesuatu yang baru dan meningkatkan pengetahuan atau perspektif saya tentang cara kerja dunia yang sebenarnya. Dunia ini sangat luas dalam hal peluang untuk berkontribusi dan belajar, dan tidak luas dalam hal jangkauan fisik,” kata Jason Ma, kepala mentor di ThreeEQ, sebuah firma yang memberi nasihat kepada CEO dan eksekutif untuk meraih kesuksesan.

Ia melanjutkan, “Keluarga adalah prioritas utama saya, tetapi saya harus mengatakan bahwa bepergian, yang membuat saya bersama diri sendiri, memang memberi saya ruang untuk merenung, menjernihkan pikiran sejenak, dan menyegarkan diri. Saya merasa bahwa hal itu sebenarnya dapat membantu dalam hubungan jika kita melihatnya sebagai peluang untuk saling merindukan.”

Populer video

Berita lainnya