Temukan Manakah dari 9 ‘Pekerjaan Kerah’ yang Anda Miliki

pic by: canva.com

Kita semua pernah mendengar istilah pekerja kerah biru dan pekerja kerah putih. Pekerja kerah putih adalah pekerja kantoran yang biasanya terlibat dalam peran klerikal, administratif, manajerial, atau eksekutif, sedangkan pekerja kerah biru melakukan pekerjaan manual seperti konstruksi, pertambangan, pertanian, atau manufaktur.

Selama ini, kita telah dituntun untuk percaya bahwa Anda bisa menjadi salah satu dari keduanya, dan tidak ada yang di antaranya, tetapi ini sama sekali tidak benar. Karena ternyata ada berbagai klasifikasi “pekerjaan kerah” yang terkadang saling tumpang tindih. Menurut wawasan dari psikolog industri/organisasi dari Florida International University, Dr. Anna Kallschmidt, Anda dapat menentukan pekerjaan kerah mana yang Anda miliki, tergantung pada pekerjaan Anda.

Berikut adalah 9 pekerjaan kerah yang dapat Anda miliki, menurut seorang psikolog industry:

1. Kerah emas

Pekerjaan ‘kerah emas’ standar dikenal sebagai pekerjaan ‘elit’. Pekerjaan elit ini adalah jenis pekerjaan yang dapat membuat orang tua Anda bangga dan menghasilkan banyak uang. Pekerjaan yang termasuk dalam kategori ini cenderung termasuk dalam pekerjaan seperti dokter, pengacara, peneliti, atau bahkan insinyur perangkat lunak. Nah, untuk dianggap sebagai ‘pekerja kerah emas’, Anda harus dianggap sebagai pekerja yang sangat terampil dan berpengetahuan.

2. Pekerjaan kerah abu-abu

Meskipun kita mengetahui perbedaan antara pekerjaan kerah biru dan kerah putih, pekerjaan kerah abu-abu, menurut Dr. Kallschmidt, memerlukan keterampilan kerja manual dan teknis. Pekerjaan ini dapat mencakup pekerjaan seperti paramedis, pemadam kebakaran, pramugari, atau polisi. Pekerja kerah abu-abu sering kali memiliki sertifikat atau lisensi dari sekolah kejuruan, dan sudah memiliki keterampilan khusus untuk karier mereka, berbeda dengan pekerja kerah putih atau biru, yang sering kali dilatih untuk suatu posisi.

3. Kerah hijau

Orang-orang yang berprofesi sebagai petani, ahli biologi, ahli zoologi, atau aktivis dianggap sebagai pekerja kerah hijau. Individu dalam kategori ini memiliki karier yang berkisar pada kontribusi positif terhadap planet ini, atau sekadar berupaya untuk memahaminya dengan lebih baik.

4. Kerah cokelat

Pekerjaan kerah cokelat mencakup karier di militer. Pekerjaan ini dikenal sangat intens dengan gaji yang layak. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, upah rata-rata di militer adalah sekitar $70.000 per tahun. Namun, terlepas dari gaji dan diskon yang bagus, militer telah mengalami penurunan pendaftaran.

5. Kerah merah

Mereka yang bekerja di industri hiburan dewasa sering dicap sebagai pekerja kerah merah. Pekerja kerah merah berada di bidang yang berbahaya, dengan American College of Obstetricians and Gynecologists melaporkan bahwa pekerja lebih mungkin berisiko lebih tinggi terhadap IMS, kekerasan, dan penahanan.

6. Tidak berkerah

Jika Anda berjiwa bebas atau menganggap diri Anda seorang seniman, Anda termasuk dalam kategori ini. Orang yang berprofesi sebagai seniman atau musisi tidak memiliki kerah. Faktanya, kerah mereka dikenal sebagai kategori tanpa kerah, dengan Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa hanya ada 2,67 juta pekerja di bidang tersebut. Jika Anda berada dalam jenis karier ini, Anda adalah orang yang langka.

7. Kerah terbuka

Pekerja kerah terbuka adalah orang yang bekerja dari rumah. Sesuai dengan namanya, pekerja kerah terbuka memiliki fleksibilitas untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dan menangani masalah-masalah yang mendesak tanpa harus meninggalkan rumah.

Satu studi melaporkan, “Orang-orang yang bekerja dari rumah secara konsisten melaporkan motivasi dan kepuasan kerja yang lebih besar.” Namun, itu belum semuanya. Sebuah studi Stanford juga menemukan bahwa bekerja dari rumah meningkatkan produktivitas hingga 13%.

8. Kerah perak

Jika Anda bersekolah di sekolah kejuruan atau memperoleh gelar associate, Anda mungkin dikenal sebagai pekerja kerah perak. Menurut Dr. Kallschmidt, orang-orang yang merupakan pekerja kerah perak adalah teknisi, ahli radiologi, atau paramedis (paramedis juga dapat termasuk dalam kategori lain).

Menjadi pekerja kerah perak mungkin merupakan keputusan paling cerdas yang pernah Anda buat. Karena, menurut National Society of High School Scholars, sekolah kejuruan menghemat uang, meningkatkan penghasilan seumur hidup, dan membantu Anda memperoleh stabilitas finansial dan profesional.

9. Kerah merah muda

Pekerja kerah merah muda dikenal sebagai bidang yang mendukung pekerjaan yang biasanya didominasi oleh perempuan, seperti pekerjaan sosial, keperawatan, pengasuhan anak, atau pengajaran.

Meskipun penting, pekerja kerah merah muda dibayar sangat rendah. National Education Association melaporkan bahwa gaji rata-rata untuk seorang guru biasanya hanya $44.530, yang, dalam perekonomian ini, tidaklah cukup.

Populer video

Berita lainnya