5 Keterampilan Digital Teratas yang Dapat Dipelajari di Rumah

pic by: canva.com

Apakah Anda mencari keterampilan digital untuk dipelajari di rumah? Luar biasa! Saat kita masih kecil, ada beberapa keterampilan yang dapat diajarkan orang tua kita. Hal-hal seperti memasak, membersihkan, dan membantu pekerjaan rumah.

Namun, dengan komputer dan dunia digital yang menjadi bagian penting dalam hidup kita, apa yang dapat kita pelajari di rumah? Untuk memudahkan Anda, saya telah menyusun daftar 5 keterampilan digital paling berharga yang dapat Anda pelajari dari rumah pada tahun 2024.

Mari kita bahas!

1. Penulisan naskah iklan

Penulisan naskah iklan adalah seni menulis teks, blog, kiriman media sosial, iklan, email, dan materi pemasaran digital lainnya yang akan membantu Anda mendapatkan pelanggan. Sebagai ‘penulis naskah iklan’, tugas Anda adalah menyusun pesan yang menceritakan kisah bisnis Anda dengan cara yang menarik sehingga membuat audiens Anda mengambil tindakan atau membeli sesuatu.

Penulisan naskah iklan Anda harus jelas dan langsung ke intinya. Jika pembaca tidak mengerti apa yang Anda sampaikan, mereka tidak akan tertarik untuk membaca konten Anda lebih lanjut. Jadi, Anda harus menulis dengan cara yang dapat menjelaskan subjek yang rumit dengan istilah yang sederhana, menggunakan kata-kata yang sederhana, judul yang bagus, dan ajakan bertindak (CTA) yang kuat.

Bagaimana cara memulainya?

2. SEO

Optimasi mesin pencari (dikenal sebagai SEO) adalah proses untuk meningkatkan visibilitas situs web, blog, atau halaman arahan dalam hasil mesin pencari. Tujuan SEO adalah membuat konten yang menarik pengguna mesin pencari, yang kemudian dapat dikonversi menjadi prospek dan penjualan.

Ini adalah sesuatu yang sebenarnya dapat Anda pelajari sendiri, hemat biaya, dan bahkan gratis. Namun, ada beberapa area yang penting. Agar berhasil dalam SEO, Anda perlu mengetahui cara kerja mesin pencari dan cara mereka memberi peringkat konten.

Bagaimana cara memulainya?

Untungnya, ada banyak sumber daya daring yang dapat membantu Anda memulai secara gratis. Berikut ini beberapa favorit saya: Perusahaan perangkat lunak Semrush menawarkan kursus Dasar-Dasar SEO daring gratis yang mencakup semua dasar-dasarnya. Setelah menyelesaikan kursus, Anda juga akan memperoleh sertifikat, yang merupakan bukti keterampilan SEO Anda.

3. Desain Grafis

Desain grafis adalah bidang yang menarik dan kreatif. Keterampilan desainer grafis diminati saat ini karena komunikasi visual adalah cara untuk mengomunikasikan ide secara grafis dengan cara yang efisien dan membantu memberikan lebih banyak pemahaman.

Lebih dari itu, 80% pemilik usaha kecil menganggap desain grafis sangat penting atau cukup penting bagi keberhasilan bisnis mereka. Mempelajari cara mendesain di rumah dapat menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat. Namun, hal itu juga menantang.

Butuh waktu untuk menjadi desainer grafis yang terampil; Untungnya, tidak perlu bertahun-tahun pendidikan untuk menciptakan sesuatu yang mengesankan. Dengan kombinasi bakat, kreativitas, dan kolaborasi yang tepat dengan klien, Anda bisa menjadi desainer grafis yang hebat.

Bagaimana cara memulainya?

Jika Anda baru memulai, mungkin ada baiknya mengikuti kelas Dasar-Dasar Desain Grafis Skillshare. Kelas ini hanya berdurasi 35 menit dan membahas 5 prinsip dasar desain grafis menggunakan contoh serta demonstrasi praktis untuk membantu Anda lebih memahami.

Atau jika Anda baru mengenal desain grafis dan tidak tahu harus mulai dari mana, Anda dapat mulai dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan kursus gratis Canva yang disebut “Dasar-Dasar Desain Grafis”. Kursus ini akan membantu Anda mempelajari dasar-dasar dan meningkatkannya seiring berjalannya waktu.

4. Penyuntingan Video

Kita hidup di zaman di mana kita dapat membuat, menyunting, dan berbagi video dengan dunia dalam hitungan menit. Bahkan, pembuatan dan penyuntingan video telah menjadi industri yang besar.

Dengan menyunting video, Anda berpotensi menciptakan konten hebat yang disukai pengguna, yang pada gilirannya dapat membantu bisnis (jika Anda membuat konten pemasaran). Sama seperti hal lainnya dalam hidup, kita harus berlatih. Saya pikir merupakan ide yang bagus untuk memulai dengan penyuntingan video karena apa pun yang terjadi, kemungkinan besar suatu saat dalam hidup Anda ingin menyunting video.

Bagaimana cara memulainya?

Skillshare menawarkan beberapa kursus penyuntingan video, yang membantu Anda mempelajari cara menyunting dan merekam video. Dalam kelas penyuntingan video ini, Anda akan mempelajari cara bekerja dengan Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro, dan banyak lagi alat penyuntingan video.

5. Coding

Sebenarnya, Anda dapat belajar sendiri di rumah melalui beberapa sumber daya hebat yang membantu Anda memulai coding. Meskipun memang membutuhkan waktu dan usaha, Anda dapat belajar coding dan membiasakan diri dengan coding. Selain itu, jika Anda ingin memperluas pilihan karier, ada banyak peluang kerja yang memerlukan pengetahuan tentang coding dan bahasa pemrograman.

Bagaimana cara memulainya?

Jika Anda ingin mempelajari keterampilan coding, ada banyak kursus online yang tersedia saat ini, seperti “Coding 101: Python for Beginners” dari SkillShare. Kursus ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar dan meningkatkan keterampilan mereka dengan cepat.

Codecademy adalah platform lain yang menawarkan pelajaran dalam berbagai bahasa pemrograman. Dengan Codecademy, Anda juga dapat menguji keterampilan Anda dengan tantangan coding.

Populer video

Berita lainnya