7 Minuman Khas Malaysia yang Bisa Dinikmati Seperti Warga Lokal

pic by: canva.com

Di Malaysia, kami dikejutkan oleh beragamnya hidangan lezat yang dipengaruhi oleh kuliner Melayu, India, dan Cina. Tanpa kita sadari, Malaysia juga memiliki budaya minuman dan jus khas Malaysia yang luar biasa. Di pusat jajanan yang merupakan inti dari budaya makan lokal, hidangan dipesan bersama dengan minuman khas Malaysia.

Berikut adalah 10 minuman terkenal Malaysia yang tidak boleh Anda lewatkan.

1- Teh Tarik Minuman Nasional Malaysia

Teh Tarik atau teh tarik Malaysia, disebut-sebut sebagai Minuman Nasional Malaysia. Teh ini dikonsumsi secara universal di negara ini dan menyatukan budaya Melayu, Cina, dan India. Teh Tarik yang disukai ini penting karena melambangkan perpaduan negara multietnis dan multikultural.

Teh Tarik dapat ditemukan di kedai kopi lokal yang dikenal sebagai Kopitiam atau warung makan mamak di seluruh negeri. Teh hitam, gula, dan susu kental manis dicampur dan dituang melalui udara di antara dua cangkir hingga terbentuk busa yang kental. Teh ini memadukan daun teh Cina dengan gaya pembuatan chai India.

2- Jus Barley – Minuman Populer Malaysia

Jus barley dengan mutiara barley yang mengapung di dasar. Pertama kali kami melihat “Barley” pada menu jus di kedai kopi lokal, kami terkejut dan tertarik. Kami tidak pernah berpikir untuk mengonsumsi barley sebagai jus dan hal itu membuat kami langsung penasaran untuk mencobanya. Disajikan dengan es, jus barley adalah cairan bening, bertekstur kental dengan tambahan gula dan jeruk nipis untuk menambah rasa. Jus ini disajikan dengan mutiara barley utuh yang dicampur ke dalamnya yang lembut, kental, dan dimaniskan dengan gula.

3- Air Bandung – Minuman Susu Sirup Mawar

Jus Air Bandung yang berwarna-warni dibuat dengan sirup mawar dan susu kental manis. Air Bandung yang juga dikenal sebagai sirap bandung atau bandung saja merupakan minuman yang terkenal dan populer di Malaysia. Selain di Malaysia, minuman ini juga digemari di Singapura dan Brunei. Sangat mudah dibuat, bandung terdiri dari susu kental manis yang dicampur dengan sirup mawar. Hal ini menghasilkan warna merah muda cerah yang sangat khas.

4- Jus Pala

Saat kita memikirkan pala, kita biasanya berpikir tentang rempah-rempah dan musim liburan yang meriah. Jus pala adalah minuman Malaysia menarik lainnya yang kami temukan. Jusnya ringan dan beraroma buah serta sama sekali tidak terasa seperti rempah-rempah. Jus ini disajikan dengan es dan sangat menyegarkan

5- Jus Kelengkeng (Longan) – Minuman Kelengkeng Putih dan Cokelat di Malaysia

Jus longan hitam dibuat dari buah longan kering yang berwarna cokelat tua hingga hampir hitam. Di sisi lain, jus longan putih berasal dari daging buah yang putih dan berair. Kami mencoba keduanya dan menemukan perbedaan yang mengejutkan. Jus longan hitam memiliki rasa yang lebih kuat dan kurang menyegarkan dibandingkan jus longan putih. Secara keseluruhan, kami lebih menyukai jus longan putih. Namun, kami sarankan untuk mencoba keduanya secara berdampingan dan membuat pendapat Anda sendiri.

6 – Jus Buah Ambra & Jus Plum Asam

Di Penang, buah ini dikenal sebagai Ambra atau Buah Kedondong di kalangan orang Melayu. Jus yang diekstrak dari buah ambra digunakan oleh penduduk setempat untuk mengobati infeksi tenggorokan dan batuk. Kami mencoba jus Ambra yang dicampur dengan jus plum asam di warung makan lokal dan merasa sangat lezat. Dengan rasa jeruk, jus ini sangat mudah diminum. Rasanya tidak terlalu manis, dan ketika dicampur dengan es, rasanya sangat menyegarkan.

7 – Jus Air Mata Kucing

Kemudian saat meneliti lebih lanjut tentang minuman ini, kami mengetahui bahwa Mata Kucing adalah kerabat dekat buah longan. Buah ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari menyediakan vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan banyak lagi. Secara tradisional, air mata kucing juga digunakan untuk mengobati diabetes, kanker, insomnia, dan banyak lagi.

Bagian terbaik dari jus ini adalah rasanya yang sangat lezat. Saat Anda menemukan minuman khas Malaysia ini di Penang, pastikan untuk mencobanya dan nikmati semua manfaat kesehatannya.

Populer video

Berita lainnya