7 Manfaat Mendaki bagi Tubuh, Pikiran, dan Jiwa

pic by: canva.com

Jika Anda mengira manfaat hiking hanya sebatas latihan fisik, maka artikel berikut ini terbukti cukup mencerahkan Anda! Keluarlah ke alam terbuka untuk latihan fisik yang hebat dan pijatan mental yang menyegarkan. Berikut adalah manfaat mendaki menjadi tujuh:

1. Menunjang Kesehatan: Mendaki gunung adalah cara yang bagus untuk melatih jantung, paru-paru, dan kaki Anda . Anda dapat membangun daya tahan dengan mendaki tanjakan dan bebatuan. Anda akan menggunakan otot kaki yang sebelumnya tidak Anda sadari.

2. Menjaga Anda Tetap Seimbang: Kebanyakan dari kita menganggap remeh bahwa kita bisa berjalan melintasi lantai tanpa masalah. Namun saya menerima pendidikan tentang betapa rumit dan sulitnya menjaga keseimbangan saat saya menyaksikan mendiang ibu saya menjalani terapi fisik. Mendaki di permukaan yang tidak rata, seperti jalan setapak, membutuhkan otot di kaki, pinggul, perut, dan punggung (belum lagi kaki Anda) agar Anda tetap melangkah dan tidak tersandung.

3. Menghubungkan Anda Dengan Alam: Mendaki alam terbuka menawarkan kesempatan untuk menghirup aroma hutan dalam-dalam, mendengarkan kicauan burung, serangga, dan hewan lainnya, serta mengamati bagaimana semua flora dan fauna bergabung membentuk sebuah alam. habitat yang menarik dan penuh warna.

4. Memfokuskan Anda Pada Saat Ini: Waktu melambat dan rasa peduli terasa ribuan mil jauhnya saat Anda menavigasi jalan melintasi medan yang tidak rata, menaiki lereng yang curam, atau berkelok-kelok ke bawah di atas kerikil yang lepas . Sulit untuk merenungkan atau mengkhawatirkan apa pun saat Anda mencoba memastikan Anda tidak tergelincir ke bawah tanggul atau kehilangan jejak sepenuhnya saat matahari mulai terbenam di cakrawala.

5. Perluas Pengetahuan Anda: Pelajari tentang pepohonan dan tumbuhan di sekitar Anda di hutan. Selama bertahun-tahun saya hanya menikmati kumpulan pepohonan tanpa mengetahui apa sebenarnya yang saya lihat. Aplikasi LeafSnap di ponsel cerdas saya memungkinkan saya mengambil foto daun atau kulit pohon dan kemudian menawarkan opsi terkait jenis pohon apa yang dimiliki daun atau kulit pohon tersebut. Mengetahui apa yang Anda lihat menambah kekayaan pendakian Anda. Begitu juga dengan menerapkan ide ini di bidang lain dalam hidup Anda.

6. Membuat Anda Tetap Memperhatikan Waktu: Jika Anda tinggal di daerah dengan musim yang berubah-ubah, perubahan musim yang Anda amati di hutan mengingatkan Anda bahwa kehidupan juga memiliki musim, waktu terus berlalu, dan tidak ada waktu seperti saat ini. untuk melakukan apa pun yang harus Anda lakukan untuk menjalani hidup terbaik Anda.

7. Mendaki Alam Di Alam Mencakup Pemahaman Lebih Dalam Tentang Kehidupan: Manfaat ketujuh dari mendaki, kita harus mencari jalur melalui “daun-daun pipih” yang ditinggalkan orang lain untuk membantu mengarahkan kita.

Populer video

Berita lainnya