6 Alasan  Mengapa Berada di Dekat Air Menimbulkan Rasa Bahagia

pic by: canva.com

Apakah Anda merasa damai saat berjalan di tepi laut? Rasa segar kembali saat berdiri di tepi air terjun? Bagaimana dengan pemandangan danau yang menakjubkan dari jendela Anda? Kita sering kali melaporkan perasaan tenang atau mengalami pikiran tenang ketika kita berada di dekat air dan para ilmuwan mengatakan, hal ini memiliki efek positif pada otak kita. Jadi apa sebenarnya yang terjadi pada otak kita saat kita berada di dekat perairan? Melihat air dan mendengarkan suaranya mengubah pikiran kita menjadi keadaan rileks dan seperti hipnosis.

Dan dampaknya adalah otak kita memproses pikiran positif dan melepaskan hormon perasaan senang. Hal ini mengarah pada efek menenangkan atau menyatakan keadaan pikiran yang tenang dan kreatif serta peningkatan kesejahteraan. Dan inilah mengapa tinggal di dekat air membuatmu bahagia.

Inilah 6 alasan mengapa ruang biru membuat Anda bahagia, dan mengapa berada di dekat perairan membuat Anda bahagia.

1. Air Menginduksi Keadaan. Meditasi Ini mungkin alasan terbesar mengapa berada di dekat air membuat Anda bahagia. Saat kita mendengar deburan ombak laut, hal itu sebenarnya dapat membawa kita ke dalam keadaan sadar dan meditatif. Suara gelombang terbukti mengubah pola gelombang otak dan menstimulasi keadaan meditasi dan rileks. Bahkan sekadar mengamati pergerakan air membantu kita menghilangkan stres dan menciptakan rasa tenang. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat antara lain menurunkan tingkat stres, kecemasan, depresi, dan meningkatkan kejernihan mental.

2. Air Menimbulkan Inspirasi dan Kreativitas. Saat kita berada di dekat air, otak kita beralih dari mode sibuk ke mode santai. Hal ini secara alami membuat otak kita terbuka karena tidak fokus pada jutaan pikiran yang berputar-putar yang seringkali dapat menimbulkan stres atau kecemasan. Saat otak Anda berada dalam keadaan rileks, otak lebih terbuka terhadap pemikiran yang terinspirasi dan kreatif.

3. Air Memberi Kita Rasa Kagum. Salah satu alasan terindah mengapa berada di dekat air membuat Anda bahagia. Kekaguman adalah kata dalam ilmu psikologi positif yang baru-baru ini populer. Emosi rasa kagum berkontribusi besar terhadap kebahagiaan kita karena tidak hanya membuat kita berada pada saat ini tetapi juga membuat kita berpikir tentang tempat kita di dunia sekitar kita. Hal ini mengarah pada memunculkan perasaan rendah hati, perasaan terhubung dengan sesuatu di luar diri kita dan keluasan alam yang murni.

4. Air Meningkatkan Manfaat Olahraga. Berolahraga jelas merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan mental kita, namun berlari atau berjalan di tepi laut akan meningkatkan manfaat tersebut. manfaat sepuluh kali lipat. Berenang di danau atau bersepeda di sepanjang jalur sungai akan memberi Anda lebih banyak dorongan mental dibandingkan berolahraga di kota yang padat atau lingkungan gym. Idenya adalah bahwa dikelilingi oleh ruang biru memicu manfaat yang lebih positif karena adanya energi kosmik dalam gelombang air.

5. Air Kaya Sumber Ion Negatif. Efek ion positif dan negatif pada kesejahteraan kita dianggap berdampak pada perasaan kita. Ion positif dipancarkan oleh peralatan listrik seperti komputer, microwave, dan pengering rambut yang menguras energi alami kita, sedangkan ion negatif dihasilkan oleh air terjun, pantai laut, dan badai petir. Konsentrasi ion negatif tertinggi ditemukan di alam dan ion-ion ini meningkatkan metabolisme sel kita, menghilangkan alergen atau zat beracun dari tubuh kita, memurnikan darah kita, dan menyeimbangkan sistem saraf otonom untuk mendorong tidur nyenyak dan relaksasi.

6. Berenang Secara Alami. Tidak hanya berada di dekat air akan meningkatkan rasa sejahtera Anda, namun berendam di sumber air alami seperti laut atau danau akan sangat menyegarkan tubuh Anda. Warna biru pada air sangat penting karena biru diasosiasikan dengan ketenangan dan kedamaian. Beberapa psikolog mengatakan warna biru tua memiliki kualitas manajemen stres yang mendorong ketenangan. Jadi, berendam di air biru memberikan efek menenangkan pada saraf kita dan menyegarkan tubuh baik mental maupun fisik dengan meredakan ketegangan otot.

Populer video

Berita lainnya