Ini Cara Musik Dapat Mengurangi Rasa Takut dan Kecemasan

pic by: canva.com

Musik Kesehatan Mental adalah hal yang sangat kuat. Saat kita merasa cemas atau takut, musik dapat membantu memunculkan rasa tenang dan rileks. Mengingat efek menenangkan dari musik yang diputar di spa atau kelas yoga restoratif. Dalam lingkungan seperti itu, musik yang damai memberi tahu tubuh dan pikiran kita bahwa tidak ada apa-apa untuk bersantai.

Kemampuan musik untuk mengurangi kecemasan dan ketakutan adalah sesuatu yang dapat kita gunakan sebagai alat yang berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Memanfaatkan Kekuatan Musik yang Menenangkan Kita sendiri dapat menerapkan strategi yang sama di mana pun kita berada. Kita dapat memilih untuk memutar musik yang menenangkan dalam salah satu situasi berikut:

  • Di rumah (tempat sebagian besar pekerja tidak penting menghabiskan banyak waktu selama pandemi ini).
  • Di dalam mobil. Saat menggunakan angkutan umum atau bepergian dengan pesawat.
  • Saat berolahraga di luar ruangan (jalan kaki, bersepeda, hiking, dll). Headphone bisa menjadi pilihan yang baik jika ada gangguan di sekitar anda, jika anda sedang bepergian, atau jika anda tidak ingin mengganggu orang lain di sekitar anda.

Untuk anda Jenis musik apa yang menenangkan akan berbeda-beda pada setiap individu. Anda mungkin memiliki gaya musik tertentu yang sangat berarti bagi anda. Selain itu, mungkin ada jenis musik tertentu yang anda sukai saat berada dalam suasana hati tertentu. Meskipun demikian, relatif mudah untuk menemukan daftar putar. Ini menyediakan daftar putar yang sudah jadi dan menegaskan bahwa ada kebutuhan dan manfaat dari mendengarkan yang disengaja seperti ini. Anda punya banyak pilihan.

  • Musik klasik yang lambat dan tenang dapat membantu dalam hal ini.
  • Suara alam dapat mengingatkan kita pada hujan, air terjun, sungai kecil, laut, angin, kicau burung, jangkrik – ritme alam.
  • Meskipun kita mungkin tidak berada di luar diri kita sendiri atau tidak dapat melakukan perjalanan ke tujuan-tujuan tersebut saat ini, kita dapat merasakan efek menenangkan melalui musik itu sendiri – terlepas dari lingkungan kita.

Apa pun jenis musik yang anda pilih, mendengarkan jenis ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketakutan dengan menurunkan detak jantung dan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan hormon stres.

Dengan Bernyanyi Bersamaan dengan lagu juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengundang efek musik agar semakin kuat. Bernyanyi bersama memiliki manfaat kesehatan mental, termasuk membantu anda merasa lebih terhubung. Mempersiapkan Diri Untuk Tidur Memilih mendengarkan musik yang menenangkan di malam hari dapat membantu menginduksi tidur dan mengurangi insomnia.

Hal ini dapat berguna sebagai cara untuk melepaskan diri dari perangkat yang banyak kita lihat sepanjang hari, karena tidak perlu ada interaksi visual selain memulai dan menghentikan musik itu sendiri. Mendengarkan musik dapat menjadi alat manajemen stres yang sangat efektif untuk membantu anda mengurangi kecemasan dan ketakutan.

Populer video

Berita lainnya