Mendorong Pertumbuhan Guru dengan Putaran Instruksional

pic by: canva.com

Ketika saya pertama kali memperkenalkan Putaran Instruksional di sekolah saya, para guru belum pernah mendengarnya. Saya perlu menguraikan apa itu dan apa yang bukan. Ini bukan kesempatan bagi satu guru untuk mengamati dan mengevaluasi guru lainnya. Sebaliknya, para guru yang berpartisipasi mencoba untuk melihat kekuatan apa yang dimiliki guru lain yang dapat mereka ambil dan terapkan di kelas mereka sendiri.

Langkah-langkah menuju Putaran Instruksional:

1. Tetapkan fokus (5 menit) Pelatih akan menemui pengamat di luar kelas dan menjelaskan topik atau fokus observasi.

2. Observasi di dalam kelas (15 menit)

3.Refleksi Observasi Mandiri (5 menit):  Meninjau dan memperjelas catatan observasi

4.Refleksi Observasi Kelompok (10 menit)

Bagikan apa yang anda amati yang dilakukan guru dan Diskusikan bagaimana tindakan guru berdampak pada siswa

Identifikasi setidaknya 1 hal yang dapat anda lakukan di kelas anda untuk memperkuat area ini.

Cadangan penilaian

5. Transfer ke Latihan (10 menit kemudian): Dengan cara apa anda (masing-masing anggota tim) ingin menyempurnakan strategi anda?,  praktek sendiri sebagai hasil dari pengalaman ini?

Bagaimana Memulai

Setelah mengamati secara informal para guru di gedung anda dan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, pilihlah tiga topik yang menurut anda dapat dikembangkan oleh beberapa guru. Pilihlah satu guru yang menguasai setiap topik ini dengan sangat baik dan tanyakan kepada mereka apakah boleh jika anda membawa pada 2-3 guru untuk mengamati mereka menggunakan kekuatan ini selama beberapa menit.

Pastikan untuk memberi tahu para guru bahwa anda sudah berpikir mereka melakukan area fokus ini dengan baik dan yang perlu mereka lakukan hanyalah mendemonstrasikannya seperti yang biasa mereka lakukan kepada siswanya. Selanjutnya kirimkan lembar pendaftaran yang menyebutkan tiga topik, guru yang akan mendemonstrasikan setiap topik, serta tanggal dan waktu observasi.

Saya hanya memberikan ruang kepada 3 guru untuk mendaftar setiap topik karena saya tidak ingin membebani guru yang sedang diamati atau siswanya dengan mendatangkan terlalu banyak orang. Jika suatu topik benar-benar populer, anda selalu dapat melakukan putaran pengajaran tersebut lebih dari satu kali. Kadang-kadang saya secara pribadi mengundang guru jika menurut saya ini adalah bidang yang perlu mereka fokuskan atau jika ini merupakan bagian dari tujuan mereka yang telah mereka identifikasi dengan saya di awal tahun.

Persiapan Putaran Instruksional

Saya memiliki formulir observasi dasar yang diisi guru ketika mereka mengamati selama sesi pembelajaran. Namun, saya lebih suka membimbing guru dengan menambahkan pertanyaan spesifik ke formulir tergantung pada area fokusnya.

Setelah kami menghabiskan beberapa menit mengamati, kami bertemu di luar aula atau ruangan kosong untuk berdiskusi dan mendiskusikan apa yang dilihat dan bagaimana guru dapat menerapkannya di kelas mereka sendiri. Guru biasanya melakukan tugasnya dengan baik dalam menjaga diskusi tetap positif, namun jika mereka mulai melontarkan kritik terhadap guru yang diamati, saya dengan lembut mengalihkan pembicaraan.

Secara keseluruhan, para guru memuji putaran pembelajaran yang kami lakukan tahun ini. Mereka berkata bahwa mereka belajar banyak dengan menyaksikan guru-guru hebat lainnya di gedung kami dan mereka berharap dapat memiliki lebih banyak peluang di masa depan.

Populer video

Berita lainnya