Oscar Piastri Raih Kemenangan Perdana di Grand Prix Hungaria

Pict by Instagram

Pembalap McLaren, Oscar Piastri, mencetak kemenangan grand prix Formula 1 pertamanya pada Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu. “Ini adalah impian saya sejak kecil, berdiri di podium tertinggi Formula 1,” ujar Piastri usai balapan.

Piastri finis di depan rekan satu timnya, Lando Norris, dengan selisih 2,141 detik. Kemenangan ini menandai hasil 1-2 bagi McLaren, yang terakhir kali terjadi di Monza, Italia, tiga tahun lalu oleh Daniel Ricciardo dan Norris.

Lewis Hamilton dari Mercedes melengkapi podium di posisi ketiga, dengan jarak 14,880 detik dari Piastri. Charles Leclerc (Ferrari) dan juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) mengikuti di posisi keempat dan kelima, dengan selisih 19,686 detik dan 21,349 detik dari pemenang.

Balapan yang berlangsung dalam 70 putaran penuh drama dimulai dengan Norris, yang memulai dari pole position, bersaing ketat dengan Verstappen. Piastri yang berada di belakang Norris, mampu menahan laju juara dunia tiga kali tersebut dan mempertahankan posisi 1-2 McLaren di bawah cuaca terik Budapest.

Pada lap ke-13, Piastri melesat ke posisi pertama, meninggalkan Norris dengan selisih waktu 3,5 detik. Strategi pitstop yang diterapkan oleh beberapa pembalap, termasuk Hamilton dan Verstappen, mengganti ban lunak dengan ban keras, memberikan hasil positif. Hamilton mencatatkan waktu putaran tercepat beberapa kali.

Persaingan semakin memanas, namun Verstappen mengalami masalah pada mobilnya. Di akhir balapan, mobil Verstappen tidak cukup kompetitif dan ia harus puas dengan posisi kelima. Sementara itu, Piastri dan Norris terus bersaing memperebutkan posisi terdepan, hingga Piastri akhirnya meraih kemenangan perdananya di Formula 1. Grand Prix berikutnya, ronde ke-14 musim 2024, akan digelar di Belgia pada 26-28 Juli.

Populer video

Berita lainnya