Kontroversi Taehyung BTS dan Produk yang Dibenci Fans, Kisah Kekecewaan ARMY

Pict by Instagram

Situasi di Palestina semakin hancur akibat serangan berkelanjutan dari Israel. Serangan tersebut menghancurkan tempat penampungan para pengungsi Palestina. Sebagai bentuk solidaritas, banyak warga dunia memboikot produk-produk pro-Israel dan mengirimkan donasi untuk Palestina. Salah satu kelompok yang aktif adalah fans K-Pop, terutama ARMY (sebutan fans BTS).

Fans BTS pernah mengirimkan donasi sebesar 1 miliar rupiah ke Palestina atas nama “BTS ARMY Indonesia Peduli Palestina.” Namun, beberapa kali mereka kecewa oleh salah satu member BTS, Taehyung (V BTS), yang mengunggah foto produk yang diboikot.

Taehyung memposting foto dirinya sedang memakan produk yang dianggap pro-Israel. Hal ini menimbulkan kekecewaan di kalangan ARMY. Akun X @jeonkoolvly mengkritik, “ARMY yang terkenal dengan isu kemanusiaan, donasi 1 miliar atas nama BTS ARMY Indonesia Peduli Palestina bahkan mengadakan doa bersama untuk Palestina dan berusaha mengeluarkan zionis dari Hybe. Sedangkan Taehyung malah mempromosikan dan makan MCD, ironi,” tulisnya.

Tweet tersebut disertai screenshot Taehyung memamerkan kentang goreng dari produk yang diboikot. Postingan itu kini sudah dihapus dari akun Instagram Taehyung @thv. Meskipun banyak ARMY Indonesia yang menyerangnya, hingga kemarin (22/7), foto tersebut masih belum di-take down. Beberapa ARMY kecewa dan memilih untuk unfollow atau memblokir akun Taehyung.

Seorang penggemar, @jim13youth, berkomentar, “Gue masih ingat betapa bangganya gue up di IG terkait donasi ARMY buat Palestina, Taehyung lu sumpah bikin kecewa banget.” Akun @rsyaakyuties juga menulis, “Part yang paling bikin terdiam kecewa karena dia nya up foto gitu tanpa kerja sama atau di sponsori.”

Namun, beberapa fans masih membela Taehyung. Mereka berpendapat bahwa foto tersebut diunggah oleh staff agensi karena Taehyung sedang dalam masa wajib militer. Fans lainnya menganggap bahwa mungkin Taehyung tidak sengaja memposting foto tersebut.

Akun @Junitaekook9597 berkomentar, “Mungkin Taehyung salah pilih gambar, walaupun tetap aja ini salah tapi jangan berpikir yang terlalu jauh dulu, Bangtan (BTS) nggak mungkin kecewain ARMY.” Akun @ARMYXBTSvale juga menambahkan, “Kamu tau kalau Taehyung sedang di militer, dan staff-lah yang mengupload foto tersebut. Seseorang dari staff yang melakukan itu secara sengaja.”

Kontroversi ini menunjukkan betapa sensitifnya isu boikot dan bagaimana tindakan idola dapat mempengaruhi persepsi fans. Meskipun banyak ARMY kecewa, sebagian masih berusaha memahami situasi dan memberikan dukungan.

Populer video

Berita lainnya