8 Manfaat Musik yang Mengejutkan bagi Otak

pic by: canva.com

Anda seorang pecinta opera atau penggemar jazz atau rap, ada cara mengejutkan bahwa musik bermanfaat bagi otak Anda. “Musik memberi jiwa pada alam semesta, sayap pada pikiran, penerbangan pada imajinasi, dan kehidupan pada segalanya.” ― Musik Plato lebih dari sekedar hiburan murni. Meskipun bagi sebagian orang itu adalah cinta, itu adalah kehidupan bagi orang lain.

Selain kesenangan, musik dapat mempengaruhi pikiran, perbuatan, tindakan, dan perasaan Anda secara menarik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membantu Anda tertawa, rileks, menari, meningkatkan suasana hati, meningkatkan harga diri, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan empati, dan mengurangi rasa sakit.

  1. Musik bermanfaat bagi emosi anak

Bermain penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan telah ditekankan berkali-kali oleh para dokter, psikiater, psikolog, dan ilmuwan. Namun, permainan musik yang mencakup – anak-anak mengeksplorasi suara atau menyanyikan lagu-lagu menyenangkan bersama-sama, dapat sangat memengaruhi emosi anak prasekolah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain musik meningkatkan keterlibatan anak di sekolah, kemampuan kognitif, dan kemampuan membaca; mengurangi kecemasan, agresi, dan kesulitan perilaku.

  • Musik mempengaruhi mood dan performa saat berkendara

Kebanyakan orang suka mendengarkan musik di dalam mobil karena ingin menenangkan pikiran atau mengatasi stres akibat perjalanan jauh dan monoton. Namun, sedikit orang yang tahu bahwa musik dapat mengalihkan perhatian daripada meningkatkan performa berkendara mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya efek berbahaya dari mendengarkan musik terhadap performa berkendara yang diwujudkan dalam bentuk pelanggaran sinyal atau tabrakan.

  • Musik menyebabkan tidur nyenyak

Apakah anda sulit untuk tenang dan tidur di malam hari? Lalu, musik dapat membantu anda tidur lebih nyenyak. Berbagai penelitian di seluruh dunia mendukung hubungan positif antara musik dan tidur. Sebuah meta-analisis dari sepuluh penelitian yang melibatkan gangguan tidur akut dan kronis pada orang dewasa menunjukkan bahwa terapi musik meningkatkan kualitas tidur mereka. Hasil serupa diperoleh dalam penelitian yang melibatkan orang dewasa lanjut usia. Temuan menunjukkan bahwa musik atau lagu yang lembut, santai atau instrumental yang memiliki ritme sekitar 60 detak per menit dapat mendorong Anda ke zona tidur dengan cepat.

  • Musik bermanfaat bagi otak dan kemampuan perhatian visual anda

Tahukah anda musik membantu memulihkan gangguan penglihatan anda? Penelitian terbaru di bidang ini mengungkapkan bahwa pelatihan musik jangka panjang dapat menghasilkan perbedaan. Sesuai temuan, pelatihan musik jangka panjang meningkatkan perhatian visual serta merangsang manfaat kognitif lainnya. Dalam penelitian serupa yang melibatkan pasien stroke, mendengarkan musik klasik secara signifikan meningkatkan perhatian visual.

  • Terapi musik dapat menyembuhkan cedera otak

Musik berperan sebagai alat penyembuhan setelah Cedera Otak Traumatis (TBI), yang menyebabkan beberapa masalah musik dan suara pada pasien. TBI merusak fungsi eksekutif otak kita seperti memori kerja, kontrol perhatian, penalaran, dan pemecahan masalah. Namun, gaya musik dan pola suara tertentu diketahui berfungsi sebagai pijat otak. Sebuah studi meneliti apakah terapi musik dapat meningkatkan fungsi kognitif, sensorik dan motorik pada TBI. Hasilnya menunjukkan peningkatan fungsi eksekutif dalam periode tiga bulan pertama intervensi dan efeknya dipertahankan dalam enam bulan berikutnya.

  • Preferensi musik dapat mengungkapkan kepribadian anda

Isi playlist dapat menentukan sikap dan kepribadian anda. Andalkan ini, karena hasilnya sungguh menakjubkan! Berikut adalah rincian berbagai gaya musik dan ciri-ciri kepribadian yang terkait dengannya – Musik pop – pendengar lagu pop adalah orang yang kreatif, ekstrovert, konvensional, pekerja keras, dan memiliki harga diri yang tinggi. Musik klasik – penggemarnya kreatif, memiliki harga diri yang tinggi, dan biasanya lebih tertutup. Musik rap– pecinta gaya musik ini memiliki harga diri yang tinggi dan mudah bergaul. Musik Rock/Heavy metal – penggemarnya memiliki harga diri yang rendah, lembut, dan sering kali tertutup. Musik Jazz dan Biru – penggemar gaya ini adalah orang yang ekstrovert, kreatif, ramah, lembut, dan memiliki harga diri yang tinggi.

  • Musik dapat mencegah makan berlebihan? Ya.

Anda membacanya dengan benar! Musik dapat membantu anda makan lebih sedikit dan para peneliti juga telah menemukan hubungan baik antara musik dan makan. Dalam sebuah penelitian di Cornell University, orang-orang makan lebih sedikit, saat restoran remang-remang dan memutar musik jazz. Sebaliknya, mereka yang makan di restoran dengan lampu terang dan musik kencang mengonsumsi lebih banyak makanan.

  • Musik bertindak sebagai pereda rasa sakit

“Dia mengambil rasa sakitnya dan mengubahnya menjadi sesuatu yang indah. Menjadi sesuatu yang terhubung dengan orang-orang. Dan itulah manfaat musik yang bagus. Itu berbicara kepada anda. Itu mengubahmu.” – Musik Hannah Harrington memainkan peran yang indah dalam manajemen rasa sakit baik itu rasa sakit fisik maupun emosional.

Populer video

Berita lainnya