9 Kebiasaan Baik Untuk Membangun Disiplin Diri

pic by: canva.com

Jika anda mengenali diri anda sendiri dalam hal ini, kemungkinan besar anda kurang disiplin atau pengendalian diri pada saat itu. Keduanya berkaitan erat dan mewakili kemampuan untuk menolak godaan dan dorongan untuk melakukan sesuatu hanya karena anda menginginkannya.

Sekarang saya tahu banyak orang yang merasa ada orang yang terlahir disiplin dan mampu mengendalikan perilakunya. Tapi kenyataannya, kita semua memang begitu. Kemampuan ini ada pada diri kita.

Artinya, kita semua mampu membangun disiplin diri jika kita memutuskannya. Ini bukanlah mutasi genetik yang membawa keberuntungan. Itu adalah keterampilan. Seperti kebanyakan keterampilan dalam hidup, semuanya bergantung pada latihan. Dan secara umum, disiplin diri adalah tentang berlatih menghindari gangguan yang menjauhkan kita dari apa yang sebenarnya kita inginkan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pengendalian diri menjadi pembeda terpenting antara orang yang mencapai tujuannya dan yang tidak. Beberapa dari banyak manfaat menjadi orang yang disiplin termasuk peningkatan motivasi, kepuasan hidup yang lebih baik, peningkatan suasana hati, dan kesehatan secara keseluruhan. 9 Kebiasaan Baik Untuk Membangun Disiplin Diri:

1. PUASA

Bagi saya, puasa adalah salah satu kebiasaan terbaik untuk mengembangkan disiplin diri dan meningkatkan pengendalian diri. Itu hanya menjernihkan pikiran anda, anda menjadi lebih fokus, tenang, tangguh dan waspada.

2. LATIHAN SETIAP HARI

Bangun lebih awal dari biasanya untuk berlari atau mengikuti kelas olahraga mungkin bukan impian anda, tetapi ini sangat bermanfaat. Itulah mengapa ini adalah salah satu kebiasaan terpenting untuk membantu Anda membangun disiplin! Dibutuhkan banyak pengendalian diri untuk tidak menyerah dan terus maju.

Namun, jika olahraga pagi tidak memungkinkan, Anda selalu dapat mengubah waktu yang Anda alokasikan untuk berolahraga. Pastikan Anda tidak melewatkannya dan biarkan disiplin diri membimbing Anda, bukan kemalasan.

  • MENAHAN DIRI

Menahan diri dari hal-hal yang sifatnya membuat ketagihan Gula, media sosial, dan kopi mudah membuat sebagian besar orang ketagihan, apalagi narkoba, alkohol, dan perjudian. Kecanduan merupakan penyakit otak kompleks yang bersifat destruktif dan bersifat jangka panjang, namun biasanya dimulai karena kurangnya pengendalian diri. Oleh karena itu, lebih baik tidak memulai dari awal.

4. MENENTUKAN TUJUAN MINGGUAN DAN MELAKUKAN KEMAJUAN

Baik itu untuk bisnis anda, hubungan anda, atau kesehatan anda, menetapkan tujuan dan menindaklanjutinya sangat penting untuk pertumbuhan pribadi dan harga diri anda. Jadi tetapkan beberapa tujuan mingguan yang penting bagi anda, berkomitmenlah untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tersebut, dan lacak kemajuan anda.

5. LATIHAN OLAHRAGA

Berlatih olahraga lebih dari sekedar berolahraga. Baik itu bola basket, sepak bola, senam, menari, atau karate – semua olahraga memerlukan disiplin diri dan ketekunan untuk unggul. Mendorong diri sendiri lebih keras dapat membuat anda mengembangkan daya tahan dan ketahanan – dua kualitas yang sangat diperlukan yang akan banyak membantu dalam banyak bidang kehidupan anda.

6. HADAPI KETAKUTAN ANDA SECARA KONSISTEN

Hadapi ketakutan anda dengan meninggalkan zona nyaman dan menjelajahi wilayah baru. Tetap berada di zona nyaman juga bisa menandakan kurangnya disiplin diri, karena anda tidak menantang diri sendiri untuk berkembang.

7. MEMBANGUN RUTINITAS YANG BAIK

Baik itu tidur pada waktu tertentu, menyelesaikan pekerjaan lebih awal, atau menjauhi orang-orang yang membuat anda sedih, penting untuk memprioritaskan kesejahteraan anda dan memiliki batasan.

8. BERHENTI MENUNDA-TUNDA

Ini adalah kesempatan bagus untuk melatih disiplin diri! Kapan pun anda merasa ingin menunda-nunda suatu tugas, ambillah tindakan. Setiap kali anda melakukannya, rasa percaya diri dan disiplin diri anda tumbuh.

9. PRAKTIK MENUNDA GRATIFIKASI

Bekerja keras sekarang dan raihlah manfaat dan apa yang benar-benar anda inginkan kelak. Misalnya, daripada membeli kopi mewah setiap hari selama sebulan, lewati saja dan simpan uang itu untuk membeli sesuatu yang benar-benar anda butuhkan. Bisa berupa sepatu, buku, sesuatu untuk orang tersayang, liburan, dan lainnya. Anda bisa membuat cappuccino yang enak di rumah, tetapi karena tidak terlalu kaya nutrisi, sebaiknya lewatkan saja.

Setelah anda berhasil, anda akan melihat kekuatan luar biasa yang akan anda rasakan. Pertahankan hidup anda, dan jangan biarkan kebiasaan buruk dan orang egois membuat anda kecewa. Anda dapat mencapai banyak hal jika anda bertekad dan menerapkan kebiasaan baik yang membangun disiplin.

Populer video

Berita lainnya