6 Langkah Mengatur Dapur Minimalis

pic by: canva.com

Menghabiskan waktu berjam-jam bekerja keras di dapur bukanlah hal yang disukai semua orang, tetapi secara pribadi saya sangat menikmatinya. Saya bisa berkreasi dengan makanan, mendengarkan musik atau podcast yang saya suka, bahkan mungkin menari sedikit dan pada akhirnya saya bisa makan makanan lezat.

Satu-satunya  hal yang bisa membuatku gila adalah dapur yang berantakan. Anda tahu, ketika anda tidak begitu yakin: Apakah anda sedang memasak atau sebenarnya anda membersihkan dan mencari barang 90% sepanjang waktu? Berikut beberapa rahasia yang sangat membantu saya menata dapur minimalis saya.

Bagaimana Mengatur Dapur Kecil:

1. GUNAKAN DINDING

Anda bisa memasukkan banyak hal ke dalam dapur kecil itu, jika anda memutuskan untuk membuatnya lebih tinggi (atau vertikal). Anda dapat menambahkan beberapa rak dinding, papan pasak, atau rak. Anda dapat menggantung peralatan dapur atau wajan, dan anda dapat menata bumbu di rak dinding di samping kompor untuk digunakan saat anda memasak.

2. SADAR LAH DAN RAPIKAN

Jujurlah pada diri sendiri dan jual atau berikan peralatan yang tidak akan anda gunakan. Saya memberikan blender saya, banyak piring dan gelas anggur, tapi saya menyimpan mesin pencuci piring seperti yang saya tahu, saya tidak ingin mencuci piring 10 kali sehari. Anda memiliki ruang terbatas dan waktu terbatas, jadi seperti hal lainnya, Anda perlu menetapkan prioritas yang jelas.

3. GUNAKAN RAK TAMBAHAN

Menambahkan beberapa rak di dalam lemari anda atau tempat penyimpanan di bawah wastafel akan menghemat banyak waktu. Mengapa? Karena anda akan dapat menemukan berbagai hal dengan lebih cepat dan mudah. Anda juga dapat memuat lebih banyak barang, tanpa menumpuknya satu sama lain.

4. GUNAKAN KAIT PEREKAT

Kait berperekat sangat berguna untuk digunakan di dapur, anda dapat menggantung apapun yang anda inginkan pada permukaan yang halus tanpa menggunakan paku atau palu. Anda dapat menggunakan pengait berperekat untuk menggantung panci, cangkir kopi, sendok takar, sarung tangan, saringan – apa saja.

5. GUNAKAN STOPLES UNTUK MENGATUR SEMUANYA

Setiap kali saya memasukkan sesuatu ke dalam toples kaca, saya melepas label aslinya, membersihkan bagian dalamnya seperti cinderella, mengeringkannya dan menggunakannya untuk menyimpan barang-barang di dapur saya. Saya menggunakan stoples dengan ukuran berbeda untuk menyimpan bumbu, untuk bahan pokok di dapur, untuk kopi, untuk menyimpan peralatan dapur, semuanya sangat serbaguna.

6. TETAP RAPI

Luangkan sedikit waktu dan biasakan untuk selalu membersihkannya saat anda sedang memasak dan setelah selesai makan. Jangan biarkan piring menumpuk dan meja menjadi kotor dan berantakan. Bersihkan dan bawa semuanya ke tempatnya. Tidak peduli seberapa besar dapur anda, jika anda tidak membersihkannya, anda tidak akan pernah punya cukup ruang.

Populer video

Berita lainnya