Donald Trump Umumkan JD Vance sebagai Cawapresnya untuk Pilpres 2024

Pict by Instagram

Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, memilih JD Vance sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) pada November 2024. Penunjukan ini diumumkan Trump pada hari pertama Konvensi Partai Republik di Milwaukee, Senin (15/7/2024). Vance, yang dikenal sebagai senator dari Ohio dan penulis “Hillbilly Elegy”, akan mendampingi Trump pada pilpres mendatang.

Trump mengungkapkan bahwa keputusan memilih Vance sudah melalui pertimbangan panjang. “Saya telah memutuskan bahwa orang yang paling cocok untuk menduduki posisi Wakil Presiden Amerika Serikat adalah Senator JD Vance dari Ohio,” ujar Trump, dikutip dari Reuters, Selasa (16/7/2024).

Salah satu alasan utama Trump memilih Vance adalah kedekatan Vance dengan pemilih kelas pekerja kulit putih, yang merupakan basis pendukung Trump. Kedekatan ini diharapkan dapat memberikan pengaruh besar bagi Trump dalam Pilpres AS 2024. Menurut Majalah Time, Vance dinilai sangat sejalan dengan ideologi Trump. Sumber yang mengetahui pemikiran Trump menyebutkan bahwa Trump terkesan dengan penampilan Vance di televisi yang menunjukkan karisma, kepandaian berbicara, dan kemampuannya berpikir mandiri.

Hubungan pribadi antara Trump dan Vance juga cukup erat dalam beberapa tahun terakhir. Trump sering menelepon Vance untuk mendiskusikan strategi politik dan saling memberi saran. “Kadang-kadang dia menerima saran saya, kadang-kadang tidak. Terkadang dia memberi saya saran,” jelas Vance. Associated Press melaporkan bahwa Vance mendapat tawaran menjadi cawapres sekitar 20 menit sebelum Trump mengumumkannya ke publik. Trump mengatakan, Vance mengingatkannya pada sosok Abraham Lincoln ketika masih muda.

JD Vance lahir di Middletown, Ohio, AS, pada 2 Agustus 1984, dengan nama James David Bowman. Berdasarkan catatan Associated Press, Vance pernah menjadi Marinir AS dan ditugaskan ke Irak selama enam bulan pada 2005. Ia juga pernah berkuliah di Ohio State University dan Yale Law School. Nama Vance mulai dikenal luas setelah ia menulis memoar “Hillbilly Elegy” yang diterbitkan saat Trump pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden. Memoar ini memperkenalkan Vance kepada keluarga Trump. Donald Trump Jr, anak Trump, menyukai buku tersebut dan mengenal Vance saat memulai karier politiknya.

Menurut laporan Al Jazeera, Vance pertama kali menduduki jabatan publik sebagai senator pada 2022. Sejak itu, JD Vance menjadi salah satu pendukung setia slogan “Make America Great Again” yang dicetuskan Trump sejak 2016. Dengan penunjukan ini, Trump berharap dapat meraih dukungan lebih besar dalam Pilpres 2024.

Populer video

Berita lainnya